Maintenance AQMS, DLH Sampaikan Data 03 Belum Bisa Digunakan

MANADO – Air Quality Monitoring System (AQMS) milik Pemerintah Kota Manado yang dibawah kendali Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado saat ini datanya belum bisa digunakan karena masih dalam tahap perbaikan atau maintanance.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas LH Kota Manado Sonny Rompas bahwa saat ini sedang dilakukanMaintenance AQMS (Data ISPU Manado). “Disampaikan kepada masyarakat Kota Manado yang akan menggunakan fasilitas Pemantauan Kualitas Udara/AQMS, untuk sementara data Parameter O3 yang ditampilkan belum dapat digunakan karena masih dalam proses maintenace/pemeliharaan,” tukas Rompas.

Diketahui, sebelumnya dari Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan pernah melaksanakain pelatihan untuk Air Quality Monitoring System (AQMS) yang diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam proses pelatihan, peserta diajarkan untuk dapat mengoperasikan Software ISPU. Software ini berfungsi sebagai sarana pemantauan terhadap data kualitas udara di Kota Manado yang diperoleh dari Perangkat AQMS.
Perangkat AQMS memiliki beberapa sensor untuk merekam kualitas udara.

Diharapkan dengan adanya penerapan sistem ini, Masyarakat dan Pemerintah Kota Manado dapat melihat dan memanfaatkan data qualitas udara sebagai hasil yang diperoleh dari pengukuran pada Alat AQMS, sehingga kedepan dapat mencegah terjadinya pencemaran udara melalui sistem mitigasi terhadap hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya polusi udara. (stenlywb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020