Malonda Minta Jajarannya Bijak Gunakan Medsos Saat Pilkada

Ketua Bawaslu Sulawesi Utara, Herwyn Malonda. (foto:ist)

MANADO – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Sulawesi Utara, Herwyn Malonda mengingatkan jajaran pengawas Pemilu dari semua tingkatan untuk bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Peringatan tersebut disampaikannya dalam kegiatan Sekolah Baku Beking Pande (SBPP) Bawaslu Sulut tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada di tengah masa Pandemi Covid-19, Senin (06/07/2020).

“Semua jajaran pengawas Pemilu kiranya untuk lebih bijak dalam menggunakan medsos, termasuk semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah,” kata Malonda.

Menurutnya, disaat jajaran pengawas Pemilu tidak bijak dalam menggunakan media sosial, dikhawatirkan berpotensi terjadinya konflik dan sangat mungkin bisa menyebabkan kelembagaan pengawas tercoreng dalam tahapan Pilkada pada tahun 2020.

Dalam kegiatan SBPP, Ketua Bawaslu Kota Bitung, Deiby Londok yang tampil sebagai pemateri menekankan pentingnya koordinasi yang baik antar sesama pengawas Pemilu pada semua tingkatan.

Pengawas Pemilu harus memastikan keadaan Tempat Pemungutuan Suara (TPS) benar-benar siap atau tidak sebelum dilakukan proses pemungutan dan penghitungan suara. “Pangawas harus bisa memetakan kerawanan yang berpotensi terjadinya pelanggaran money politik termasuk memastikan kondisi surat suara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh menjelaskan, sebagai penyelenggara Pemilu harus benar-benar menjunjung prinsip-prinsip pemilihan yang diatur termasuk di tengah pandemi Covid-19.

“Dalam melaksanakan tahapan Pilkada, harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip Pemilu,” ucapnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020