IKLAN

Mamonto: Masalah Tapal Batas Boltim-Mitra Tuntas


20150609_152730BOLTIM-Komisi Satu DPRD Boltim yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Shahrul Mamonto, S.sos melakukan konsultasi batas wilayah antara Boltim dan Mitra ke DPRD Sulut.

Untuk konsultasi batas wilayah ini, rombongan Komisi Satu DPRD Boltim diterima langsung oleh Ketua Komisi Satu DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang dan anggota James Tuuk serta bersama dengan Biro Pemerintahan dan Biro Hukum Pemprov Sulut.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Boltim menjelaskan tujuan kedatangan mereka untuk mengetahui secara jelas soal batas wilayah antara Boltim dan Mitra. "Kondisi yang terjadi sekarang ini di Boltim mulai terjadi gejolak. Sebab dari penjelasan Bupati Sehan Landjar penentuan batas wilayah belum tuntas atau masih status quo. Nah kedatangan kami untuk memperjelas soal tapal batas tersebut jelas," Mamontoh.

Dalam pertemuan kemarin barulah Mamonto mendapat kejelasan dari Ketua Komisi Satu DPRD Sulut dan James Tuuk serta bagian Biro Pemerintahan jika masalah tapal batas Mitra-Boltim sudah tuntas. Yang kesepakatannya ditandatangani oleh Bupati Mitra, Telly Tjangkulung dan Bupati Boltim Sehan Landjar dan disaksikan oleh Gubernur DR SH Sarundajang pada tahun 2013.

Batas wilayah yang disepakati adalah persimpangan batas antara Boltim dan Mitra serta Minsel berada di puncak gunung Tukusan dengan ketinggian gunung 1.230 km arah timur, menyusuri punggung gunung menuju puncak gunung mangangman. Ke arah Timur menyusuri punggung gunung menuju gunung Mabiringan ke arah Timur menyusuri punggung gunung Buku dari arah jalan Tombatu menuju Desa Pisa Kecamatan Touluaan. Ke arah Timur menyusuri punggung gunung ke arah Timur ke arah Selatan menyusuri punggung gunung ke arah puncak gunung kayu manis. Ke arah barat daya menyusuri punggung gunung masuk Ulu Sungai Buyat. Menyusuri sungai Lambak terus ke arah Selatan sampai di persimpangan sungai buyat sampai jembatan Buyat ke Selatan sampai di muara sungai Buyat atau teluk Buyat.

"Dengan adanya penjelasan ini, kami sudah merasa puas dan akan melakukan sosialisasi ke masyarakat," papar Ketua DPRD Boltim Shahrul Mamonto. (mom)

IKLAN
loading...