Manado Fokus Gerakan Menuju 100 Smart City, Kontu Cs Paparkan Progres Implementasi Didepan Assesor

BANYUWANGI – Kepala Dinas Kominfo Erwin S. Kontu, SH didampingi Kepala Bidang Aptika Heintje Lombone, Rabu (19/6) bertempat di Hotel Aston Banyuwangi Jawa Timur memaparkan Evaluasi Tahap 1 Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 dihadapan Assesor Independen.

Assesor yang dimaksud terdiri dari Akademisi, Pengiat IT dan Pejabat Kementerian Kominfo. Kegiatan yg dilaksanakan selama 18-20 Juni 2019.

Diketahui, Kota Manado dalam evaluasi tahap pertama mendapat giliran pada hari kedua memaparkan  perkembangan Smart City di Kota Manado. Walikota Manado yang diwakili Kepala Kepla Dinas Komunikasi dan Informatika, Erwin Kontu memaparkan Progress Implementasi Manado Smart City yang sudah dilaksanakan.

Beberapa progress yang presentasikan ialah Program Quick Win yang turut dipantau pekembangannya pada evaluasi tahap pertama meliputi Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA, dan aplikasi Pajak Online Terpadu (PONTER) sebagai program unggulan dari dimensi Smart Governance dan smart economy.

Selanjutnya, Kontu menjabarkan Program Inovasi Smart City jangka pendek yang sudah dan telah dilaksanakan tahun 2018 dan 2019 “Program inovasi yang dibawakan yaitu pengembngan aplikasi TAUPANG, RICCA, SITASYA, RETE, pengembangan infrastrukur TIK perluasan jaringan FO, perbaikan ruang server dan penambahan bandwith internet. Sementara dari sisi regulasi dibuat Perwako Manado Smart City dan SK Walikota Dewan dan Tim Teknis Manado Smart City,” ujar Kontu.

Terpisah, Kabid Aptika Heintje Lombone, turut memaparkan proses pengembangan aplikasi layanan publik dengan bertitik tolak pada masterplan smart city. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020