Manfaatkan Lahan Tidur, Kodim 1301/Sangihe dan Masyarakat Kampung Raku, Panen Raya Jagung

Manadoline.com, Tahuna- Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto, S.I.P melaksanakan Panen raya jagung Hibrida di lahan tidur seluas kurang lebih 1 hektare di lahan demplot Koramil 1301-07/Tabut, yang berada di Desa Raku Kecamatan Tabukan Utara, Jumat (28/08/02020).

Jagung merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuhan kebutuhan pangan pengganti beras, dalam rangka menguatkan ketahanan pangan menghadapi krisis pangan dampak dari Pandemi Covid 19, Dandim 1301/Sangihe menginstruksikan Koramil jajarannya untuk menggalakan pengolahan lahan tidur di wilayah binaan. Menindak lanjuti perintah tersebut, Koramil 1301-07/Tabut membuka lahan tidur milik masyarakat yang berada di Desa Raku untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi lahan demplot tanaman jagung hibrida.

Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto, S.I.P mengatakan harapannya agar panen jagung ini dapat memotivasi masyarakat untuk menekuni bidang pertanian.

“Kami berharap dengan panen raya jagung hibrida ini, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menekuni bidang pertanian, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menguatkan ketahanan pangan di wilayah mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir,” kata Dandim.

Panen raya jagung ini lanjut Dandim, sebagai bukti nyata peran TNI dalam menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Dalam kegiatan Panen Raya ini, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Panen Raya ini merupakan wujud nyata peran TNI dalam meningkatkan Ketahanan Pangan di wilayah,” tutupnya.

Sementara itu secara terpisah, Kapitalaung Kampung Raku Lukman Samat mengungkapkan rasa syukurnya atas apa yang telah dilakukan oleh Kodim 1301/Sangihe. Karena dengan adanya pemanfaatan lahan tidur tersebut dapat memberikan contoh langsung kepada masyarakat di Kampung Raku.

“Selaku Pemerintah Kampung Kami sangat mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan Koramil 1301-07/Tabut, hal tersebut juga untuk mensukseskan swasembada nasional yang telah di canangkan oleh Pemerintah, selain itu dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih berinovasi dan inovativ dalam menciptakan peluang-peluang usaha di tengah pandemi ini,” terangnya. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020