Mantali: Dukungan Tenaga Ahli Bisa Atasi Masalah Sampah

Anggota DPRD Kota Manado, Fanny Mantali. (foto:ml)

MANADO – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Manado tentang usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Persampahan akan membahas secara cermat masalah persampahan.

Hal tersebut disampaikan anggota Pansus, Fanny Mantali. Menurut, keseriusan pansus membahas usulan Ranperda ini dikarenakan masalah persampahan selalu menjadi sorotan publik.

“Harus dibahas secara cermat, karena sampah ini selalu menjadi masalah dan menjadi sorotan publik,” kata Mantali, kepada Manadoline.com, Kamis (9/5).

Menurutnya ada beberapa hal yang nantinya urgen untuk dibahas bersama pihak eksekutif yang mengusulkan Ranperda ini, fasilitas-fasilitas penunjang lainya seperti alat berat digunakan di TPA perlu mendapat perhatian.

Dukungan tenaga kerja dan tenaga ahli dalam mengelola persampahan juga akan menjadi prioritas dalam pembahasan bersama. “Tenaga buruh sampah perlu diperhatikan. Berapa kebutuhan buruh sampah yang bisa bekerja mengangkut sampah di seluruh wilayah Manado dan tenaga buruh sampah yang dipekerjakan di TPA,” jelasnya.

Tenaga ahli juga dirasa penting untuk direkrut. Tugas mereka menberikan terobosan positif agar sampah tidak hanya dibuang dan menumpuk di TPA, tapi bagaimana sampah bisa memberi nilai ekonomis bagi warga Manado. (14)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020