Mantapkan Manado Fiesta 2020, Dispar Bikin Rakor Kemitraan Bangun Ide Kreatif

LIPUTAN KHUSUS

Foto bersama Wawali Mor Bastiaan, Kadis Pariwisata Lenda Pelealu, unsur Forkopimda dan tim konsultan Manado Fiesta 2020.

Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata dan Sosialisasi Manado Fiesta Tahun 2020, bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Kamis (28/11).Walikota Manado GS Vicky Lumentut diwakili Wakil Walikota (Wawali) Mor D. Bastiaan, saat menghadiri menegaskan Pemerintah Kota Manado memandang perlu untuk berkoordinasi, membangun kemitraan dan sinergi antara pemerintah dengan pelaku dunia pariwisata.

“Adapun rapat koordinasi ini merupakan salah satu wujud upaya pemerintah untuk bersama dengan pelaku usaha pariwisata dalam pembangunan usaha wisata, yang didalamnya ada aturan-aturan yang perlu diketahui bersama terkait penyelenggaraan kepariwisataan di Kota Manado,” ujar Wawali Mor yang didampingi Kadis Pariwisata Lenda Pelealu.

Wawali Mor Bastiaan saat membawakan sambutan.

Lanjutnya, pertemuan ini bertujuan mensosialisasikan program dan kegiatan parawisata Pemerintah Kota Manado, terutama kegiatan Manado Fiesta 2020 yang sudah masuk dalam Calender Of Event Kementerian Pariwisata Nasional. Dimana, forum ini juga mengsosialisasikan pengembangan database pariwisata kepada stakeholder industri pariwisata.

“Kiranya kita dapat mengupayakan kemajuan dunia pariwisata Kota Manado sebagai bagian dari upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dan secara khusus mempersiapkan yang terbaik untuk Manado Fiesta 2020,” sebut Wawali.

Hasil Rakor Kemitraan MF 2020 Ditindaklanjuti

MANADO — Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengutarakan setiap ide, masukkan, kritik, dan saran yang disampaikan oleh para pelaku usaha dan organisasi kreatif di Kota Manado terkait pariwisata dan Manado Fiesta 2020 segera ditindaklanjuti.

Hal tersebut dikatakan Kadis Lenda Pelealu dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata dan Sosialisasi Manado Fiesta Tahun 2020, bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Kamis (28/11).

Menurutnya, banyak ide-ide kreatif yang disampaikan dan itu menjadi catatan penting untuk dilaksanakan pembahasan di waktu yang akan datang. Baik itu dengan internal perangkat daerah di jajaran Pemerintah Kota Manado maupun pembahasan lanjutan dengan para pelaku usaha.

Wawali Mor saat memberikan motivasi kepada peserta Rakor.

“Namun sebelumnya, terkait hasil dari rakor ini perlu disampaikan terlebih dahulu kepada pimpinan yaitu Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado. Sumbangsi ide dan pemikiran teman-teman pelaku usaha dan organisasi kreatif sangat bermanfaat. Terima kasih, kiranya ada poin yang telah dibahas, bisa di masukkan dalam pelaksanaan event internasional Manado Fiesta 2020 tahun depan,” ujar Kadis Lenda yang didampingi Kabid Destinasi Pariwisata, Jein Barantian.

Manado Fiesta 2020, Pemkot Diajak Gunakan Teluk Manado Untuk di Kenal Dunia

Peserta Rakor Manado Fiesta 2020.

MANADO — Perwakilan Manado Underwater Association (MUA), Arjun Langitan, mengusulkan ke Pemerintah Kota Manado agar lebih memberdayakan teluk Manado sebagai spot bahari di event Manado Fiesta 2020.

Baginya pelaksanaan event Manado Fiesta yang sering ditemui belum pernah mengangkat profil teluk Manado, salah satunya melalui karya fotografi bahari atau penyelaman. Apalagi event ini merupakan event yang bertaraf internasional, sudah seharusnya bisa mengkiblatkan namanya di kancah internasional.

“Seperti menyelenggarakan event fotografi bawah laut atau kegiatan semacamnya yang mengangkat profil kekayaan teluk Manado. Tentunya dengan kegiatan seperti itu, sangat dipastikan para peserta tidak hanya berasal dari lokal atau dalam negeri tapi juga fotografer handal dari luar negeri yang mungkin bisa datang ke Manado hanya untuk meramaikan event Manado Fiesta 2020,” ujar Langitan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata dan Sosialisasi Manado Fiesta Tahun 2020, bertempat di Hotel Arya Duta Manado, Kamis (28/11).

Lanjut dikatakan, output dari hasil karya fotografer mancanegara ini ketika di-upload bisa lebih dikenal dunia. Ini loh Manado Fiesta yang ada di Sulawesi Utara, Indonesia. Kegiatan yang mempunyai beragam kreasi suku budaya yang terlibat hanya dalam satu event, beragam kekayaan bahari yang ada dalam teluk Manado, ini loh sang creator atau pimpinan Kota Manado yang bisa menciptakan event dahsyat seperti ini yang saat ini sudah menarik perhatian pemerintah pusat,” terang Langitan memberi saran. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020