Mantapkan Wawasan Kebangsaan, Lanal Tahuna Gelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP

Tahuna- Demi memantapkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna menggelar kegiatan Lomba Cerdas Cermat Se-Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu (17/7) yang dilaksanakan di SMPN 1 Tahuna.

Lomba yang akan diselenggarakan selama dua hari ini diikuti 16 sekolah SMP yang ada di Sangihe. Dimana akan dipilih empat sekolah yang masuk pada babak final, Kamis (18/7). Dan akan memperebutkan Piala serta hadiah jutaan rupiah dari Lanal Tahuna. 

Paban VI Wilayah Perbatasan Laut Staf Potensi Maritim KSAL Kolonel Laut (E) Halili SH mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat sebagai implementasi nawacita Presiden Jokowi. Dimana menghadirkan Negara ditengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat diperbatasan. 

Paban VI Wilayah Perbatasan Laut Staf Potensi Maritim KSAL Kolonel (E) Halili SH.

“Karena daerah perbatasan ini identik dengan keterbelakangan, daerah miskin dan insfrastruktur yang belum memadai. Untuk mengimplementasikan Nawacita Presiden Jokowi, maka dilakukan pemantapan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.”ujarnya.

Lanjut tambahnya, mengapa perlu pemantapan? Karena daerah perbatasan berpotensi dirusak oleh budaya atau pengaruh asing yang dapat menghilangkan jiwa patriotisme masyarakat itu sendiri. Terlebih Kepulauan Sangihe berbatasan langsung dengan Negara Philipina baik secara ideologi, sosial budaya dan politik. 

“Jadi kami sepakat dengan Danlanal Tahuna untuk bekerjasama dengan sekolah-sekolah. Untuk diadakan kegiatan yang sifatnya bela negara, tentang bagaimana wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi. Agar mereka jangan terpengaruh oleh budaya asing yang notabene disini dekat dengan Philipina.tandasnya. (zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020