Mantiri "Belajar" Kepemimpinan

Rakor Dispar Sulut, nara sumber Kadis Kebudayaan Sulut Frederik Rotinsulu, Kadis Par Daniel Mewengkang (kiri), Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono (tengah), Satgas Pariwisata Dino Gobel.
(Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri saat mengikuti pembekalan kepimpinan)

 

BITUNG – Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengikuti pembekalan Kepemimpinan angkatan I tahun 2017 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, diikuti sejumlah kepala daerah, digelar di Auditorium Gedung F Lantai 4 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jl Taman Makam Pahlawan No 8, Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam pembekalan kepemimpinan yang dibuka Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur, dalam sambutannya, Kemenpan RB mengingatkan kepala daerah untuk memajukan daerah masing-masing. “Gunakan momentum ini untuk memajukan daerahnya, menggerakkan aparatur sipil negara. Maju tidaknya suatu daerah tergantung pemimpinnya,” terangnya.

Tampil pemateri yakni Menkopolhukam, Kapolri, Ketua KPK, Jaksa Agung, Mentri Keuangan, Kepala PPATK, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri kesehatan dan Menteri Sosial.

Sementara itu, Wawali Bitung Maurits Mantiri mengatakan bahwa banyak hal yang dipelajari dalam pembekalan ini. “Pematerinya adalah para menteri yang memegang tampuk kebijakan dalam kabinet ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mantiri sempat menyampaikan persoalan yang terjadi di Kota Bitung antara lain terkait kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan. “Saya sendiri sempat beberapa kali membeberkan persoalan yang terjadi di Bitung dan sempat menjadi pembahasan nasional dengan para pemateri,” katanya.

Dijelaskan pula, dari 105 kabupaten/kota yang diundang memang yang hadir baru sekitar 85 persen. “Ini baru angkatan pertama dan dipastikan ada angkatan kedua yang tentunya akan dihadiri pak walikota. Karena saat ini beliau banyak tugas yang tidak bisa diwakili,” tandas Mantiri.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020