Mantiri Buka Penerimaan Calon Peserta PBK Tahap II UPTD BPTK Kelas A

Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri memberikan arahan kepada peserta. (Foto: HMP)

BITUNG – Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri membuka jalannya kegiatan seleksi penerimaan calon peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap Dua UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Kelas A Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara digelar di aula BPTK Bitung.

Dalam sambutannya Mantiri mengatakan pemerintah terus mengupayakan berbagai hal dalam menekan tingkat pengangguran, salah satunya adalah lewat pelaksanaan kegiatan saat ini. “Dewasa ini persaingan dunia kerja kian ketat saja. Menyadari kondisi itu, pemerintah berupaya mengasah kompetensi tenaga kerja agar sesuai kebutuhan industri,” ujar Mantiri.

Melalui peran BPTK yang digenjot Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui konsep Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) diyakini dapat menjadi alternatif dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan global yang semakin ketat.

Perekrutan peserta PBK tahap kedua ini tentunya merupakan upaya serius pemerintah mengantisipasi kebutuhan SDM khususnya di kota Bitung yang kedepan akan menjadi pusat perekonomian Indonesia Bagian Timur. “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, sehingga kalian akan menjadi tenaga kerja yang tidak hanya kompeten dan berdaya saing tinggi tapi juga tersertifikasi sehingga cepat terserap industri,” katanya.

Mantiri berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dalam pengawasan yang tepat serta boleh menghasilkan peserta yang siap dilatih untuk menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi kedepan.

Turut hadir Kepala UPTD BPTK kelas A Provinsi Sulut Rahel Rotinsulu, ASN, THL serta instansi terkait lainnya.(ml)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020