IKLAN

Mantiri Tegaskan Raskin Harus Tepat Sasaran


Wakil Walikota Bitung saat memimpin Rapat Koordinasi Penyaluran Raskin

Wakil Walikota Bitung saat memimpin Rapat Koordinasi Penyaluran Raskin

BITUNG-Beras Miskin untuk masyarakat pra sejahtera /miskin, jangan sampai salah sasaran. Penerima Raskin (RTS) untuk Kota Bitung sebanyak 10.798 KK dengan alokasi per bulan sebanyak 15 kg/bulan, harus sampai kepada masyarakat penerima.

“Saya berharap supaya setiap kepala kelurahan mampu menguasai wilayah dan warganya, dengan melakukan pendataan untuk setiap warga yang keberadaannya benar-benar di bawah garis kemiskinan, agar supaya penyaluran beras untuk orang miskin (Raskin) benar-benar tepat sasaran,” ujar Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, dalam Rapat Evaluasi Program Raskin di triwulan 1 tahun 2016, Rabu (4/5), bertempat di Lt. 4 Ktr Walikota Bitung, bersama Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bitung selaku Ketua Tim Koordinasi Raskin Kota Bitung.

Untuk Percepatan Program Penanggulangan Kemiskinan oleh Pemerintah Pusat, Mantiri memintakan kepada seluruh Camat dan Lurah yang hadir dalam rapat tersebut untuk dapat merubah mindset masyarakat tentang kemiskinan, kadangkala keadaan miskin hanya berupa perasaan seseorang untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah, ataupun program bantuan utk kemiskinan dirasakan bagi golongan masyarakat tertentu sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah, sehingga program penanggulangan kemiskinan tidak tepat sasaran.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Andrias G. Tirayoh, SE, menyampaikan bahwa Penyaluran Raskin di Kota Bitung telah berjalan dengan baik sesuai Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi masyarakat berpendapatan rendah Kabupaten/Kota se- Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2016. Dan Keputusan Wali Kota Bitung Nomor : 188.45/HKM/SK/21/2016 Tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah Kota Bitung Tahun 2016, yang telah ditandai dengan Launching Raskin pada tanggal 18 Februari 2016 di Kantor Wali Kota Bitung. Penyaluran Raskin dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat oleh Tim Koordinasi Raskin Kota Bitung dengan mekanisme yang ada.

Dalam rapat ini juga dievaluasi pembayaran Harga Tebus Raskin (HTR) per Kelurahan. Dimintakan juga para Camat untuk proaktif mengevaluasi HTR Raskin kepada Lurah agar tidak terjadi piutang Raskin sehingga tidak menghambat penyaluran Raskin tiap bulan oleh Perum Bulog. (jones)

IKLAN
loading...