Mantiri: Warga Lokal Penunjang Sektor Wisata

Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri didampingi Sekda Drs. Audy Pangemanan, M.Si saat meninjau lokasi potensi wisata
Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri didampingi Sekda Drs. Audy Pangemanan, M.Si saat meninjau lokasi potensi wisata

BITUNG – Keterlibatan warga lokal sebagai penunjang wisata sangat besar. Demikian yang dikatakan Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri. “Untuk lebih memaksimalkan sektor wisata maka peran warga lokal sangatlah penting,” tegas Mantiri saat melihat sejumlah potensi lokasi wisata yang didampingi Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan, M.Si.

Lebih jauh dikatakan Mantiri, kedepan akan ada perencanaan untuk penataan sesuai dengan program pemerintah Kota Bitung. “Perlu adanya penataan sarana dan prasarana sesuai dengan rencana program pemerintah untuk memaksimalkan pariwisata dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi di kota Bitung,” tambah Mantiri.

Sejumlah lokasi potensi wisata yang dikunjungi antara lain Kelurahan Batu Kota Kecamatan Lembeh Utara. “Kunjungan ini untuk melihat hal apa saja yang perlu dibenahi dalam rangka memberi rasa nyaman kepada para wisatawan terutama yang akan kita maksimalkan adalah pemanfaatan Home Stay bagi penduduk lokal sehingga memberi nilai ekonomi,” jelas Mantiri.

Dikatakan juga, nantinya penduduk lokal akan dibekali dengan ketrampilan lewat pelatihan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Bitung untuk memberikan pemahaman tentang kepariwisataan sehingga  bentuk keterlibatan masyarakat lewat penyediaan fasilitas akomodasi berupa rumah-rumah penduduk (home stay), penyediaan kebutuhan konsumsi wisatawan, pemandu wisata, penyediaan transportasi lokal, pertunjukan kesenian, dan lain-lain akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Senada dengan Mantiri, Pangemanan menilai pengembangan sektor pariwisata harus secara menyeluruh, sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial dan cultural. Bahkan perencanaan tersebut harus mengintegrasikan pengembangan pariwisata ke dalam suatu program pembangunan ekonomi, fisik, dan sosial. “Pengembangan wisata alam dan wisata budaya dalam perspektif kemandirian lokal merupakan perwujudan interkoneksitas dalam tatanan masyarakat yang dilakukan secara mandiri oleh tatanan itu sendiri guna meningkatkan kualitas serta tetap memelihara kelestarian alam dan nilai-nilai budaya lokal, obyek wisata alam dan wisata budaya yang ada,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Kota Bitung AKBP Filemon Gintin, SIK, MH, Kadis PU kota Bitung Rudy Theno serta instansi terkait lainnya.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020