IKLAN

SETELAH PEMPROV BERHASIL DATANGKAN RIBUAN TURIS TIONGKOK

Manumpil: Cegah Sampah dengan Penanganan Fisik


Kepala Biro SDA Setdaprov Suljt Dr Franky Manumpil

Kepala Biro SDA Setdaprov Sulut Dr Franky Manumpil

MANADO-Setelah dibukanya penerbangan langsung Manado-Tiongkok, masalah sampah tetap jadi sorotan. Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Dr Franky Manumpil mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sedang lakukan pencegahan yaitu dengan penanganan fisik.

Manumpil kepada Manadoline Kamis (14/7) saat berada di ruang kerjanya, menambahkan Pemprov dan Pemerintah Kota Manado (Pemkot) berupaya penanganan sampah-sampah harus secepatnya.

“Kesadaran masyarakat akan sampah harus dijaga, kami SDA juga telah bahas dengan Kepala Balai Taman Nasional,”jelas Manumpil.

Penanganan fisik terhadap sampah seperti apa? lanjut Manumpil, hal tersebut sementara berjalan secara rutin oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi yaitu kapal pengangkut sampah.

Juga sarana fisik misalnya menggunakan jaring sampah dibarengi dengan infrastruktur truk pengankut sampah.

“Pasti itu akan mengurangi, apalalagi jaring untuk mengangkut sampah tial hari dilakukan,”jelas Manumpil.

Penekanan lain terkait pembersihan sampah yaitu program Pemprov, Gerakan Bersih Kuala (GBK). Budaya GBK ini dari hulu ke hilir artinya dari mainset hingga implemenasinya,”kata Manumpil.

“Pemprov dan Pemkot terus berupaya. Terutama sungai-sungai besar di Sulut sudah bersih karena sampah-sampah di laut kebanyakan kiriman dari sungai-sungai di Kabupaten. Ini tentu jadi alternatif, tapi semua datang dari masyarakat untuk kesadaran janganlah membuang sampah sembarangan,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...