Maret Tes Fisik & Materi, Ini Syarat Calon Paskibraka 2017 Kota Manado

Siswi SMA saat mendaftar seleksi Calon Paskibraka 2017 lalu di Kantor Dispora Manado.
Siswi SMA saat mendaftar seleksi Calon Paskibraka 2017 di Dispora Manado
Siswi SMA saat mendaftar seleksi Calon Paskibraka 2017 di Dispora Manado

MANADO – Seleksi calon Paskibraka Kota Manado memasuki tahun kedua di 2017 ini dibawa binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado, (sebelumnya wewenang Dinas Pendidikan),  berlangsung ketat.

Untuk tahun ini, Dispora Manado mulai kebut melakukan seleksi berkas meski tugas berat Calon Paskibraka ini nanti Agustus di saat Upacara HUT Kemerdekaan RI.

Sejak Senin (13/2/2017) sudah ratusan siswa dan siswa tingkat Kota Manado yang menjalani seleksi di Kantor Dispora Manado. Catatan Bidang Pemberdayaan Pemuda, siswa siswi yang telah mengikuti seleksi hari pertama sebanyak 74 siswa dan 86 siswi SMA sederajat.

Calon Paskibraka putra berasal dari sejumlah SMA se Kota Manado saat mendaftar seleksi di Dispora
Calon Paskibraka putra berasal dari sejumlah SMA se Kota Manado saat mendaftar seleksi di Dispora

“Mereka rata-rata masih duduk di kelas X dan XI. Itu memang persyaratan dalam seleksi Paskibraka Kota Manado tahun 2017 ini,” jelas Kadispora Manado, Lenda Pelealu.

Persyaratan lain, tinggi badan calon  Paskibraka untuk siswa 170 cm sampai 180 cm. Sementara siswi harus memiliki tinggi badan  165 cm sampai 175 cm.

“Yang mendaftar di hari pertama, mereka langsung dilakukan pengukuran tinggi badan. Selain tinggi, calon Paskibraka punya postur sehat serta kaki tidak berbentuk O atau X,” tambah Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Manado, Wiesye Assah.

Seleksi Calon Paskibraka 2017 ini masih akan berlangsung sampai Selasa (14/2/2017). Untuk pengumuman hasil seleksi, 17 Februari selanjutnya mereka yang lolos mendaftar kembali 23 Februari untuk mengikuti tes fisik dan tes materi di Lapangan Stadion Klabat setelah dinyatakan sehat.

“Sengaja jauh hari kami sudah melakukan seleksi mengingat mereka akan menjalani latihan fisik lumayan lama sebelum menjalankan tugas Negara menjadi pengibar bendera merah putih di upacara HUT RI bulan agustus nanti,” tutup Kadis Lenda. (antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020