IKLAN

Masuk Skala Prioritas Bapeten, Pelabuhan Bitung Segera Dipasang RPM


Pemkot Bitung saat menerima kunjungan Bapeten

Pemkot Bitung saat menerima kunjungan Bapeten

BITUNG-Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang M.Si didampingi Asisten I Setda kota Bitung Fabian Kaloh SIP  dan Asisten II Salma Hasjim, SE, pada hari Selasa (14/4), menerima kunjungan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) di Ruang Rapat Setda kota Bitung.

 

Menurut Humiang kunjungan kerja ini  untuk melihat langsung situasi di Pelabuhan Peti Kemas terkait  kesiapan Bitung menjadi International Hub Port (IHP) dimana Bapeten telah memasang Radiation Portal Monitor (RPM) yang akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ini. Fungsi  RPM mampu mendeteksi bahan nuklir dan zat radioaktif yang terdapat dalam kontainer, tanpa perlu membuka kontainer terlebih dahulu.

 

“Tidak semua Pelabuhan di Indonesia telah memasang RPM, Bitung adalah salah satu yang terpilih selain Soekarno-Hatta Makassar, dan Tanjung Emas Semarang karena masuk dalam skala Prioritas oleh Bapeten, mengingat kedepannya akan ada pembangunan KEK” kata Humiang kepada manadoline.com, Rabu (15/4).

 

Ia pun menuturkan bahwa RPM yang ada di Pelabuhan Peti Kemas Bitung belum dioperasikan karena Bapeten masih melakukan pelatihan khusus untuk operator alat tersebut.

 

“Saat ini Bapeten masih melakukan pelatihan kepada belasan operator di PT Pelindo IV cabang Bitung yang dipersiapkan menjadi pengawas sejumlah container barang impor yang masuk di pelabuhan Bitung” jelasnya

 

Selain untuk pengawasan, tim Bapeten yang dipimpin oleh Sekrtaris Umum Drs. Hendrijanto menjelaskan bahwa  pemanfaatan nuklir di Indonesia selama ini beragam seperti di bidang kesehatan, industri, dan energi. (jones)

IKLAN
loading...