Melalui PUPR, Pemkot Bangun Pasar Pinasungkulan Berbandrol 24 Miliar

MANADO – Pemerintah Kota Manado akan merelokasi para pedagang yang ada di Pasar Pinasungkulan, Karombasan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado Peter Karl Barts Assa ST MSc Phd mengungkapkan, relokasi ini berhubungan dengan pembangunan Pasar Pinasungkulan, Karombasan.

“Mulai Selasa (25/7) nanti, akan dilakukan peletakan dasar pembangunan Pasar Pinasungkulan Manado oleh Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, tanda dimulainya pembangunan,” ujarnya.

Dijelaskannya, sebelumnya pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta PD Pasar, telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait rencana pembangunan. “Dihasilkan berbagai kesepakatan bersama terkait strategi relokasi. Meskipun pembangunan sementara berlangsung, para pedagang tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, karena pembangunannya bertahap dan relokasinya juga berpinda-pinda,” ujarnya.

Diungkapkannya, tahap pertama yang akan dibangun adalah talud di sisi sungai untuk mengamankan jalan yang akan di bangun di atasnya dari eksisting menjadi 10 meter lebar. ?Tahap selanjutnya adalah pembangunan hanggar dan kios di seluruh areal. Anggaran pembangunan sekitar Rp 24,2 miliar, yang terdiri dari Dinas PUPR 14,8 Miliar dan Disperindag Rp 9,7 miliar,” tuturnya.

Dia meminta dukungan, kesabaran dan pengawasan dari seluruh pedagang dan masyarakat. Diupayakan pekerjaan ini akan selesai di awal bulan Desember 2017. “Terima kasih kepada Dirut PD Pasar Ferry Keintjem dan jajarannya, atas koordinasi dan pengaturan yang baik sehingga para pedagang dapat merelokasi sendiri tempat dagangannya. Mari doakan agar pembangunan ini dapat berlangsung dengan baik dan selesai tepat pada waktunya. Tuhan memberkati kita semua,” ujarnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020