Mendagri Resmi Buka Manado Fiesta 2018, Wali Kota GSVL : Terima Kasih Pak Gubernur Sulut 

Mendagri Tjahjo Kumolo saat sambutan pembukaan Manado Fiesta 2018

Liputan Khusus

Mendagri Tjahjo Kumolo saat sambutan pembukaan Manado Fiesta 2018
MANADO – Perayaan Iven Manado Fiesta 2018 yang sudah berjalan tahun kedua dilaksanakan Pemkot Manado kali ini benar-benar istimewa. Tak tanggung-tanggung, yang membuka langsung secara resmi kegiatan akbar bertaraf internasional ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mewakili pemerintah pusat di lokasi Pohon Kasih kawasan Megamas, Jumat (31/8/2018) sore.
“Saya berterima kasih kepada Gubernur Sulut Pak Olly Dondokambey (OD) menghadirkan Pak Mendagri disini dan membuka langsung Iven Manado Fiesta 2018 ini,” kata Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam sambutan mewakili pemerintah kota Manado dan turut akui, jika bukan Gubernur OD, Mendagri sudah kembali ke Jakarta.
Mendagri Setuju Manado Fiesta Diperdakan, Gubernur OD Minta Pengusaha Hotel Mendukung
Mendagri Thajho Kumolo saat membawakan sambutan. (foto : gery kembau).

BAK gayung bersambut, usulan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) memback up Iven akbar Manado Fiesta dalam satu aturan yang akan dibahas DPRD Manado untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda) disambut positif Mendagri Tjahyo Kumolo.

Ini diungkapkan Mendagri dalam sambutannya ketika membuka Manado Fiesta 2018 seusai Wali Kota GSVL menyampaikan rencana tersebut dalam sambutannya atas nama tuan rumah sebagai penyelenggaran. “Saya sepakat jika Manado Fiesta dijadikan Perda. Bagus, supaya penganggarannya terarah. Saya berharap, iven Manado Fiesta yang sudah tahun kedua dilaksanakan Pemkot Manado bisa merangsang 15 kabupaten/kota lain yang ada di Sulut untuk bisa melaksanakan kegiatan yang sama,” tukas Mendagri.

Mendagri Thajho Kumolo diapit Gubernur Olly Dondokambey dan Walikota Vicky Lumentut.

Sementara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (OD) dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Manado Fiesta 2018 yang dilaksanakan Pemkot Manado sudah berjalan tahun kedua ini. “Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Manado Fiesta 2018 ini. Ini bentuk komitmen Pemerintah Kota Manado lewat Wali Kota Pak Vicky Lumentut mendukung kemajuan pembangunan daerah lewat sektor pariwisata. Saya meminta pihak pengusaha perhotelan untuk selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah seperti begini,” tutup Gubernur Olly.

Wali Kota GSVL Usul Kemenpar Masukan Manado Fiesta Iven Nasional

Walikota Vicky Lumentut saat membawakan sambutan dalam perayaan iven akbar Manado Fiesta 2018

IVEN akbar bertaraf Internasional, Manado Fiesta dipastikan akan menjadi suguhan rutin setiap tahun oleh seluruh masyarakat Sulut. Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) menegaskan Manado Fiesta akan dijadikan satu peraturan yang akan ditetapkan dalam Perda Kota Manado.

Untuk itu, dengan akan diperdakan Iven Manado Fiesta ini, saya berharap bisa dijadikan kalender Iven di tingkat Nasional. Setidaknya masuk dalam program Iven lewat Kementerian Pariwisata,” pinta GSVL. Dimana, dengan rencana Wali Kota Manado dua periode ini, masyarakat Kota Manado tidak kuatir lagi akan kehilangan Iven Manado Fiesta setiap tahun. Bahkan berganti Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado pun, Manado Fiesta tetap digelar karena sudah menjadi kalender Iven tahunan yang sudah ditetapkan dalam aturan.

Atraksi Laut hingga Darat Lantamal VIII TNI-AL Pukau Pembukaan Manado Fiesta 2018

Atraksi pasukan Marinir yang turun KRI A. Yani saat membebaskan sandera di darat dengan melumpuhkan penjahat.

Lantamal VIII ikut ambil bagian Pembukaan Manado Fiesta Tahun 2018 dengan menyuguhkan sejumlah atraksi laut maupun darat pada Open Ceremony Manado iven bertaraf internasional yang sudah tahun kedua dilaksanakan Pemkot Manado, Jumat (31/8/2018).

Acara Manado Fiesta 2018 ini juga dimeriahkan dengan Demo serangan Kilat (Atraksi Penyelamatan Darurat dari Laut ke Darat), Kolone Senapan, Beladiri Militer dari Yonmarhanlan VIII Bitung. Ada juga pertunjukkan Perahu Naga dari Lantamal VIII, Perahu Hias, lomba Katinting, Ski Air, Seareader, Sailling Pass, Tae Kwon Do binaan Lantamal VIII, Fashion Show Pakaian Dinas TNI – Polri, Atraksi Udara Paramotor dan Terjun Payung yang diikuti oleh para pasukan khusus TNI yaitu Kopassus, Kopaska, Paskhas, Polisi, dan atlit terjun payung Sulut.

Penulis : Stenly Beteng
IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020