Menkominfo Sebut Bitung Masuk Empat Titik Pembangunan Pusat Data Nasional

BITUNG – Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung boleh berbangga dengan ditunjuknya daerah ini sebagai salah satu dari 4 titik pembangunan pusat data nasional. Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G. Plate dalam kunjungan kerjanya di kota “Cakalang” Bitung, bersama rombongan, Selasa (28/07/2020).

Menurut Plate, kedatangannya ke Kota Bitung terkait dengan pengecekan dan melihat secara langsung kesiapan pembangunan Data Center Nasional. “Saya ke Kota Bitung dalam rangka meninjau lokasi program palapa ring dan pengecekan akses internet dan BTS, terkait pembangunan data center atau pusat data nasional. Dan Kota Bitung masuk 4 titik di Indonesia yang akan dibangun pusat data nasional,” ungkap Plate.

Lebih jauh dikatakan Plate, empat titik yang akan dibangun pusat data nasional yaitu Jakarta, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau Batam dan Kota Bitung. “Dalam pembangunan data center, ada syarat penting yang menjadi penilaian, yang pertama tergelarnya fiber optic yang memadai untuk transmisi data yang besar, kedua tersedianya power suplai yang memadai, lalu yang ketiga security system dan keamanan wilayah,” beber Plate.

Ditambahkan juga, pemerintah akan melihat bagaimana Bitung adalah salah satu potensi atau opsi untuk pembangunan data center nasional dalam satu jaringan yang tertutup untuk penyelenggaraan pemerintahan. Tetapi kalau pusat data pemerintah berartikan keseluruhan data negara, baik data umum atau data spesifik, yang pasti seluruh data negara akan tersimpan di daerah ini.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dalam sambutannya secara singkat menyampaikan kondisi geografis Kota Bitung dan juga menjelaskan lokasi strategis rencana pembangunan pusat data nasional. “Untuk rencana lokasi pembangunan Pusat Data Nasional, Pemkot Bitung menyiapkan lahan seluas 4,3 hektar dan sesuai dengan master plan pengembangan kota.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Wakil Ketua DPRD Kota Bitung Keegen Kojoh, dan anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Bitung Alexander Wenas dan Indra Ondang.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020