Menkominfo Seriusi Palapa Ring Tengah di Laut Minahasa, Diskominfo Sulut Sebut Capai 77,49 Persen

(Plt Kepala Diskominfo Sulut DR Jetty Pulu, foto:kandi/ML)

MANADO– Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfo) Daerah Sulawesi Utara (Sulut) DR Jetty Pulu mengatakan proyek Palapa Ring khususnya paket pekerjaan bagian Tengah diantaranya termasuk Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Kabupaten Sangihe semakin diseriusi Pemerintah Pusat.

Terbukti, Pulu kepada Manadoline Rabu (23/5/2018) saat berada di Kantor Diskominfo lantai 5 Kantor Gubernur mengungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan lakukan kunjungan kerja (Kunker) di Sulut tepatnya di sekitar laut Mokupa Kabupaten Minahasa Sulut, Jumat 25 Mei 2018 besok.

“Nantinya, Menkominfo akan meninjau langsung proses penggelaran kabel optik bawah laut Proyek Palapa Ring Tengah di Minahasa,”jelas Pulu.

Lanjutnya, pembangunan proyek Palapa Ring Tengah yang tersebar di wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga ke Kabupaten Sangihe dengan total panjang serat kabel optik sekitar 2.995 Kilometer yang akan menjangkau 27 Kab/Kota.

“Untuk Sulut, progres pembangunan Palapa Ring Tengah sudah mencapai 77,49 persen dan masuk kedalam tahap penggelaran kabel optik bawah laut di Kabupaten Minahasa,”ujar Pulu.

Diketahui proyek Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 Kilometer dan menjangkau 440 Kab/Kota.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksakan pembangunan proyek Palapa Ring dibagi tiga paket pekerjaan yakni Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur di Kab/Kota yang tidak layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan komersil.

“Kami sangat mengapresiasi proyek ini, sungguh sangat luar biasa dimana Pak Presiden Joko Widodo membangunan dari pinggiran. Masyarakat bisa dengan leluasa menikmati jaringan internet, terutama di wilayah perbatasan Sulut yakni di Sitaro, Talaud. Termasuk juga penguatan sinyal seluruhnya di Sulawesi, Kalimantan dan Maluku akan dilaksanakan secara bersama-sama,”kunci Pulu.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020