Mewengkang-Bentelu Minta Adat Tulude Terus Dilestarikan

Ferdinand Mangumbahang dan Ivone Bentelu saat menghadiri acara adat Tulude di Lapangan Aksembeka, Siau Timur.

SITARO-Festival adat budaya Tulude harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang.

Ferdinand Mangumbahang dan Ivone Bentelu saat menghadiri acara adat Tulude di Lapangan Aksembeka, Siau Timur.

Kepada wartawan, Mewengkang mengaku senang dan bangga dipercayakan oleh Ketua Dewan menghadiri acara adat Tulude di Lapangan Aksembeka Siau Timur, Rabu (31/1/2018).

Mewengkang menyatakan, acara adat  Tulude merupakan hal yang sangat positif, di bandingkan di beberapa daerah lainnya adat budaya mereka tidak dipelihara.

“Acara Tulude bagi orang Nusa Utara masih di pelihara dengan baik, malahan sudah sekian ratusan lamanya,” jelas mewengkang.

Politisi Gerindra ini pun berharap kegiatan budaya seperti ini bisa berlaku di daerah lain.

” Saya melihat semua orang Nusa Utara dimanapun mereka berada selalu melakukan adat Tulude, ini harus dipertahankan. Harapan saya  sangat positif karena kegiatan seperti Tulude akan membuat langgengnya culture budaya kita yang ada di Sulawesi Utara,” tambahnya.

Sementara itu, dr Ivone Bentelu yang merupakan anggota DPRD Sulut dapil Nusa Utara menyatakan rasa bangga dan salut kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang mau secara langsung menghadiri acara adat Tulude di Kabupaten Sitaro.

Diakui Bentelu, kehadiran Gubernur Olly menandakan kepeduliannya terhadap seluruh wilayah di Sulawesi Utara, sekaligus menghormati kegiatan adat yang diselenggarakan di Siau, seperti acara Tulude.

“Saya Bangga karena Pak Olly Dondokambey bisa ikut bersama masyarakat hadir dalam kegiatan adat dan terlibat langsung,” ungkap Bentelu. (mom)