IKLAN

Miliki Drainase Buruk, Manado Langganan Banjir


Winston Monangin

Winston Monangin

MANADO – Winston Monangin, Sekretaris Komisi C DPRD Kota Manado mengatakan system drainase yang ada di Kota Manado nampaknya kurang maksimal. Padahal hal tersebut merupakan infrastruktur yang penting karena tempat saluran pembuangan air.

“Drainase kita buruk, makanya air menggenang,” kata Monangin, kepada manadoline.com, Selasa, (23/06).

Tak hanya itu, Monangin menambahkan perilaku masyarakat Manado yang memiliki andil besar mengapa Manado sering terjadi banjir. “Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai, membuat sedimen sungai mengalami peningkatan hingga 70 – 80 persen, belum lagi ditambah dengan sampah, sehingga mudah terjadi banjir,” katanya.

Politisi Nasdem ini juga, menegaskan bahwa system drainase yang buruk, juga menjadi faktor penyebab Manado banjir. Kondisi drainase yang tersumbat sampah bahkan tertutup tanah, membuat sistemnya tidak berjalan baik.
“Sistem drainase yang buruk, menjadi faktor Manado sering banjir. Drainase yang tersumbat sampah dan tertutup tanah, membuat fungsinya tidak berjalan baik. Apalagi, curah hujan yang tinggi dan sewaktu-waktu banjir,” terangnya.

Karenanya, instansi terkait untuk secepatnya melakukan pembenahan terhadap kondisi sungai dan drainase, sehingga ancaman banjir tidak akan terjadi. (christian)

IKLAN
loading...