Mobil Angkot Hangus Terbakar, Diduga Akibat Arus Pendek Listrik Dinamo Mesin

Manadoline.com, Tahuna- Nasib sial harus diterima HG (50) seorang supir warga Kelurahan Apesembeka Kecamatan Tahuna, karena minibus (angkot) DL 1037 QA yang dikendarainya, harus hangus terbakar di Jalan Kelurahan Santiago Sabtu (03/04/2021). 


Sore sekitar pukul 16.00 Wita, HG yang hendak menuju Kelurahan Santiago tiba-tiba merasakan mesin angkot yang dikendarainya sudah berjalan tidak normal. Lalu kendaraannya itu pun coba ia berhentikan, untuk memastikan kondisi mesinnya tersebut. 


Tapi, meski sudah diberhentikan mesin mobil tetap menyala. Dicoba dengan mematikan dari kunci kontak, mesin mobilnya masih juga tak mau mati. Tanpa pikir panjang, HG turun dan mengecek mesin bagian dalam mobil kesayangannya itu. Saat membuka kap penutup mesin ternyata sudah keluar asap dari dinamo yang berada di sebelah kanan, dan tak lama muncullah percikan api. 


Panik melihat api dan khawatir akan adanya ledakan, HG pun menjauh. Disaat menjauh itulah, perlahan namun pasti api dari mesin semakin membesar dan membakar seluruh bagian badan kendaraan. 


Hal ini dibenarkan Kasat Lantas Polres Sangihe Iptu Duwi Galih Prasetiawan. Menurutnya dugaan sementara api berasal dari korsleting jaringan listrik di dinamo mesin. 


“Telah terjadi kebakaran Mini Bus merk Suzuki DL 1037 AQ yang dikendarai berinisial HG (50) alamat Kelurahan Apesembeka. Dugaan sementara api berasal dari arus pendek jaringan listrik di dinamo mesin. Pihak Sat Lantas Polres Sangihe telah mendatangi TKP, menghubungi pemadam kebakaran, melakukan olah TKP dan menginterogasi pengendara,” katanya. 


Disinggung apakah ada korban jiwa, Kasat menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

 
“Tidak ada korban jiwa. Akibat dari kejadian itu hanya kerugian materiil sebesar Rp 140.000.000. Dan supir menyampaikan bahwa SIM dan STNK nya ikut ludes hangus terbakar,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020