IKLAN

Mocodompis Jamin Roring Akan Laksanakan Amanah Sebagai Penjabat Wali Kota


Penjabat Wali Kota Manado, Royke Roring dan Kabag Humas, Franky Mocodompis

Penjabat Wali Kota Manado, Royke Roring dan Kabag Humas, Franky Mocodompis

MANADO – Banyak yang sangsi Pemkot Manado akan ikut mendukung dan mensukseskan Pilkada Manado pada 17 Februari seperti yang sudah ditetapkan KPU Manado.

Menyusul rilis disampaikan Kabag Humas dan Protokol, Franky Mocodompis sesuai pernyataan Asisten I, Josua Pangkerego, kalau keputusan KPU tersebut terlalu terburu-buru karena ada beberapa agenda penting terkait KPU.

Diantaranya, audit Rp 20 M anggaran Pilkada yang tertata dalam APBD Induk 2015 lalu serta mengunggu hasil auditnya. Kemudian usualan penambahan anggaran Rp8 M dari KPU masih perlu dibicarakan dengan DPRD Manado karena terkait perubahan anggaran sebab tidak tertata dalam APBD 2016 ini.

Meski begitu, Mocodompis menjamin Royke Roring akan melaksanakan amanahnya sebagai Penjabat Wali Kota Manado saat ini.

“Salah satu amanah diberikan Negara kepada Penjabat Wali Kota, melaksanakan pemerintahan transisi hingga dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota definitif serta mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada,” jelas Mocodompis.

Apalagi, menurutnya, Roring sudah berulangkali menyatakan akan melaksanakan amanah ini secara sungguh-sungguh berdasarkan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait permintaan usualan penambahan anggaran Rp8 M dari KPU, Mocodompis menjelaskan, Penjabat telah menyampaikan kepada KPU dalam pertemuan pekan lalu.

“Beliau mohon diberikan kesempatan untuk berkoordinasi dengan pihak Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi, karena pada APBD Kota Manado tahun 2016 tidak ada nomenklatur anggaran tentang tahapan Pilkada lanjutan,” jelas Mocodompis.

Sebab, keputusan anggaran Pilkada lanjutan yang tidak tertata pada APBD bukan persoalan sederhana sehingga Pemkot perlu mengkonsultasikan dengan pihak terkait supaya tidak menimbulkan persoalan lain di kemudian hari, termasuk persoalan hukum.

“Bila sudah ada payung hukum jelas, tentu kebutuhan anggaran Pilkada dapat segera direalisasikan oleh Pemkot Manado,” pungkas Mocodompis. (antoreppy)

IKLAN
loading...