MOR-HJP Siapkan 3 Program Cerdas Berantas Pungli

MOR-HJP punya 3 program berantas Pungli tanpa APBD..

MANADO — Calon Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Calon Wakil Walikota Hanny Jost Pajow (MOR-HJP), mengeluarkan 14 program cerdas yang sangat pro rakyat, yang 3 diantaranya disasar untuk memberantas praktek liar atau pungutan liar yang terjadi di masyarakat.

MOR-HJP bertekad berantas Pungli yang tentunya lewat informasi dari masyarakat sangat memberatkan. Namun itu semua bisa tercapai jika MOR-HJP dipercayakan masyarakat bisa menang di Pilkada 9 Desember mendatang.

Langkah pencegahan pungli ini diprogramkan tanpa membebani APBD, dan dipastikan sangat pro rakyat. Untuk program pertama adalah bebas retribusi sampah rumah tangga yang selama ini dipungut dari masyarakat.

“Kenapa kami hapus retribusi sampah? Ini untuk memberantas pungli yang kerap terjadi. Bayangkan dari target Rp30 Miliar setiap tahun, tapi selama ini realisasinya hanya Rp6 Miliar. Belum lagi di saat pandemi Covid-19 ini tentunya masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga jangan lagi dibebani retribusi sampah rumah tangga,” beber MOR.

Lanjut dijelaskan, untuk program kedua adalah menurunkan biaya sewa tempat jualan atau kios pedagang di pasar tradisional. Sebab, banyak keluhan warga soal mahalnya biaya sewa kios di pasar.

“Banyak pedagang mengeluh ke saya biaya sewa kiosnya mahal. Belum lagi ditagih retribusi kebersihan di pasar. Belum lagi pungli lain yang kerap dilakukan oleh oknum petugas. Anehnya, meski banyak yang ditagih dari pedagang namun pembayaran gaji karyawan PD Pasar kerap terhambat. Penurunan biaya sewa kios juga untuk membantu pedagang dan keluarganya yang mengalami kesulitan hidup di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Mor.

Sementara, untuk program ketiga adalah pengadaan motor operasional kepala lingkungan (Pala).

“Saya sering juga mendapat keluhan dari warga ada oknum Pala yang memungut biaya saat warga mengurus administrasi, padahal itu gratis. Lalu ketika saya tanya ke Pala yang pungut biaya ke warga, dia bilang dia butuh biaya operasional ke rumah-rumah warga. Nah dengan motor operasional Pala yang saya dan pak HJP programkan, kami berharap bisa menghapus pungli yang kerap terjadi,” pungkasnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020