Netizen Panik Viral Facebook Ditutup Ternyata Hoax

Ilustrasi Facebook ditutup.

JAKARTA – Belakangan netizen khususnya pengguna Facebook panic dengan beredarnya informasi bahwa Facebook akan ditutup. Padahal kenyataanya tidak seperti itu.

Kabar Facebook bakal diblokir di Indonesia pada tanggal 24 April, mendadak ramai dibagikan di media sosial. Informasi yang viral dan beredar luas di media sosial ini dipastikan tidak benar alias hoaks.

Pemerintah memang bisa mengambil tindakan tegas memblokir Facebook sebab data satu juta pengguna Indonesia ikut bocor dalam skandal Cambridge Analytica (CA). Namun, tidak ada kepastian bahwa tanggal 24 April Facebook akan diblokir di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam berbagai kesempatan terkiat hal ini tidak pernah mengatakan akan memblokir Facebook. Bisa saja memblokir Facebook, tapi harus sesuai prosedur agar tidak gegabah.

Salah satu syarat blokir Facebook adalah bila ditemukan bukti bahwa Facebook dipakai sebagai sarana menghasut.

“Kalau ada indikasi Facebook di Indonesia digunakan untuk penghasutan, seperti yang terjadi di Myanmar, saya tidak punya keraguan untuk blokir,” tukas Rudiantara, beberapa hari lalu di Gedung Kominfo, Medan Merdeka, Jakarta. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020