Nortje Van Bone Antarkan AHY Jabat Ketum Partai Demokrat

Kongres Partai Demokrat yang menetapkan AHY sebagai Ketum terpilih. (foto:ist)

JAKARTA – Kongres Partai Demokrat Ke 5 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, tanggal 15 Maret 2020, membuat nama Sulawesi Utara menonjol dalam kongres dengan agenda pemilihan Ketua Umum (Ketum) yang baru.

Kongres yang berlangsung sehari tersebut, EE Mangindaan dan Nortje Henny Van Bone didaulat memimpin sidang. Mangindaan mewakili unsur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan dianggap paling berpengalaman memimpin sidang kongres sebelumnya.

Menariknya, nama Ketua Partai Demokrat Manado, Nortje Henny Van Bone muncul dari ratusan utusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se Indonesia untuk memimpin sidang kongres tersebut.

Dari informasi beredar, nama Wakil Ketua DPRD Kota Manado tersebut direkomensasi langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokratz Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Rekomendasi yang diberikan kepada Van Bone, menegaskan posisi politik Ketua Demokrat Ibu Kota Provinsi Sulut terhadap partai yang sempat berkuasa di Indonesia di tahun 2004 – 2014.

Sumber media ini menyebutkan, pemilihan pimpinan sidang kongres tidak sembarang, karena yang mendapatkan rekomendasi harus orang kepercayaan calon ketum atau ketum terpilih, karena pimpinan sidang yang akan mengawal proses untuk memilih calon tersebut.

Kedekatan NVB dengan AHY, sudah terlihat dari berbagai momentum terutama saat AHY memperjuangkannya sebagai pimpinan sidang mewakili 600 DPC yang hadir.

Menurut sejumlah pengurus Demokrat Manado, peran NVB di kongres begitu signifikan. Rombongan DPC Manado mendapatkan keistimewaan dan tempat khusus di kongres.

“Sebagai kader, kami bangga atas kepercayaan ini. Ini menjadi semangat baru bagi para kader serta pengurus PAC yang mendapingi ketua Demokrat Manado menghantarkan mas AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat yang baru,” kata Dharmawati Dareho.

Terpilihnya AHY pertanda dimulainya era baru Partai Demokrat termasuk memberi efek ke Sulut dengan dipilihnya NVB sebagai pimpinan sidang dalan kongres.

“Kepercayaan AHY sebagai ketum terpilih terhadap posisi politik NVB ini dapat menentukan kemenangan bagi partai demokrat di Manado yang akan mengusung Mor Bastian, termasuk untuk sementara rekomendasu Kristo Lumentut dan Aaltje Dondokambey sebagai bakal calon Wakil Walikota Manado,” pungkas Dareho. (red)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020