IKLAN

Olly Hadiri Rakornas TPID, Jokowi: Seluruh Kepala Daerah Harus Kendalikan Inflasi


JAKARTA– Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) DR Jemmy Kumendong MSi mengatakan Gubernur Olly Dondokambey hadir pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sekaligus berdiskusi.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat berdialog di TPID

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat berdialog pada Rakornas TPID ke VII. Dihadiri Presiden Joko Widodo dan seluru Kepala Daerah se-Indonesia di Puri Indah Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (4/8) (foto:Ist)

Rakornas dilakukan di Puri Indah Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta tersebut, lanjut Kumendong telah dibuka9 Presiden Joko Widodo dan diikuti Gubernur seluruh Indonesia bersama Gubernur Bank Indonesia (BI), Menko Perekonomian, Mendagri serta para Bupati/Walikota se Indonesia, Kamis (4/8.

Kegiatan itu diawali dialog interaktif terkait dengan percepatan pertumbuhan ekonomi daerah berbasis sumber daya alam (SDA) untuk mencapai manusia sejahtera yang inklusif dengan menjaga stabilitas harga serta membangun Indonesia dari berbasis SDA, percepatan inflasi, perbaikan tata niaga dan reformasi birokrasi,”jelas Kumendong saat berada di ruang kerjanya.

Sementara itu, seperti dikutip website resmi Kementerian Dalam Negeri www.kemendagri.go.id, Presiden Joko Widodo dalam Rakornas TPID VII memberikan instruksi kepada para kepala daerah agar dapat mengendalikan inflasi. Beliau berpesan agar tiap-tiap daerah sudah memiliki tim TPID masing-masing.

“Ada beberapa kabupaten/kota yg belum memiliki TPID. Segera bentuk, ini penting sekali,” tegasnya.

Kemudian, para kepala daerah diinstruksikan untuk menyiapkan anggaran khusus dialokasikan untuk kepentingan pengendalian harga.

Dengan adanya anggaran tersebut, bila ditemukan kenaikan harga yang tidak wajar disuatu daerah, maka pemerintah daerah dapat langsung melakukan intervensi,”pungkasnya dikutip pada website Kemendagri tersebut. (srikandi/Hm)

IKLAN
loading...