Optimis Bupati Mitra Bakal Terima Satya Lencana Dari Presiden

Drs Robby Ngongoloy
Drs Robby Ngongoloy

RATAHAN — Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, telah menunjukkan kepeduliannya dengan keberhasilan disektor pertanian untuk kesejahteraan rakyat. Berdasarkan hal tersebut, Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Agus Mawu mendukung dan menseriusi, Bupati James Sumendap SH untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI.
“Saya sangat mendukung pak bupati, untuk menerima penghargaan tersebut,” ungkap Mawu.
Sementara itu, sejak November 2016, telah dibentuk tim pengusul yang diketuai Asisten II Setdakab Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi, dan setelah melewati proses penjang maka tim penilai penerima penghargaan dari presiden melalui Sekretaris Negara (Sekneg) telah turun langsung melakukan verifikasi.
Namun, sebelum melakukan pengusulan tim pengusul juga sudah melakukan pengumpulan data dan melihat fakta dilapangan, melalui Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Mitra terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Tentunya usulan yang kami ajukan didukung data dan fakta tersebut, dan telah mendapat rekomendasi dari Gubernur Sulut untuk dilakukan pengusulan ke Kementerian Pertanian RI, melakukan wawancara dan mempresentasikan sesuai data dan fakta juga bukti-bukti lainnya,” kata Ngongoloy.
Tim verifikasi sementara melakukan tugasnya yang di Ketuai Letkol Laut Imam Subekti SH MH didampingi. “Tim tersebut saya dampingi langsung dan juga Kadis Pertanian, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Ketahanan Pangan. Sasaran lokasi yang ditinjau Kecamatan Belang tepatnya di Desa Buku dan Tababo melihat Padi, Jagung serta Perikanan. Kemudian Kecamatan Tombatu Timur tepatnya Desa Esandom meninjau kacang kedelai. Berikutnya Kecamatan Ratahan Timur tepatnya di Desa Pangu melihat hasil buah-buahan,” kata Ngongoloy.
Ngongoloy pun optimis setelah dilakukan verifikasi nanti, Bupati James Sumendap SH akan mendapat Satya Lencana.
“Saya sangat yakin penghargaan Satya Lencana akan bisa didapat oleh pak bupati, karena pak bupati sangat peduli akan sektor pertanian di Mitra,” tandasnya. (fensen)