Pagelaran Budaya Suku Tonsawang / Toundanow Diapresiasi Bupati JS

Suasana pagelaran budaya suku Tonsawang/Toudanow di Tombatu, yang di buka Bupati James Sumendap SH.
Suasana pagelaran budaya suku Tonsawang/Toudanow di Tombatu, yang di buka Bupati James Sumendap SH.

RATAHAN — Pagelaran budaya suku Toundanow/Tonsawang yang digelar di Tombatu, mendapat apresiasi dari Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH.
Bupati menilai kegiatan tersebut sangat mendidik dan akan membangkitkan nilai- nilai budaya yang sudah mulai hilang, juga akan melestarikan budaya yang telah ada sejak lama.
“Kegiatan ini wajib dilestarikan dan dikembangkan, demi menjaga nilai-nilai budaya yang telah ada turun-temurun,” kata Sumendap saat membuka pagelaran budaya di Tombatu.
Disampaikannya, bahasa daerah juga sebaiknya menjadi mata pelajaran tambahan di sekolah agar bisa terus dilestarikan.
“Bahasa daerah jangan sampai hilang, dan harus jadi mata pelajaran tambahan di sekolah. Kedepan seluruh sekolah yang ada di Mitra harus memasukan pelajaran bahasa daerah, menjadi mata pelajaran agar supaya setiap pelajar juga generasi muda Mitra tau dan mengerti serta mampu melestarikan bahasa kesukuan yang ada,” tegasnya.
Menurut Sumendap, apa yang sudah menjadi tradisi positif dimasyarakat menyangkut budaya tantunya, harus terus ditumbuh-kembangkan.
“Tentunya kegiatan yang bersifat positif seperti ini harus terus dilaksanakan, agar masyarakat tidak akan lupa dengan apa yang sudah menjadi budaya,” terangnya.
Pagelaran budaya di Tombatu tersebut memperlombakan, Pidato, Menyanyi, Berkhotbah dengan bahasa daerah, serta tarian. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020