IKLAN

Palapa Ring Paket Tengah Termasuk Sulut Dimulai Awal Kuartal IV


Menteri Kominfo RI Rudiantara saat berikan sosialisasi Palapa Ring dihadiri pemerintah perwakilan Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, Jumat (26/8) (foto:Kandi/ML)

Menteri Kominfo RI Rudiantara saat berikan sosialisasi Palapa Ring Paket Tengah dihadiri pemerintah perwakilan Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Jumat (26/8) (foto:Kandi/ML)

MANADO– Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Pembangunan Proyek Palapa Ring Paket Barat dan Tengah akan dilaksanakan pada awal kuartal empat tahun 2016.“Sementara untuk Paket Timur, pembentukan Badan Usaha Pelaksana PT Palapa Timur Telematika dan penandatanganan perjanjian dilakukan pada September 2016,”jelasnya dalam Sosialisasi Palapa Ring Paket Tengah di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Manado, Jumat (26/8).

Pembangunan Proyek Palapa Ring, menurut Menteri Rudiantara, dirancang sebagai Proyek Public Private Partnership atau Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU-BOOT).“Pemerintah memberikan jaminan pembayaran atas investasi dan pengoperasian yang dilakukan Badan Usaha berdasarkan perjanjian kinerja Paket Barat dan Paket Tengah sudah ditandatangani kuartal I 2016, saat ini dalam tahap financial closing,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo bersama Direktur Utama PT. Len Telekomunikasi Indonesia dan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian konsultan pengawas independent Proyek KPBU Palapa Ring Paket Tengah.

Acara Sosialisasi Palapa Ring Tengah itu dihadiri Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Maluku Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Perwakilan Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, dan Anggota Komisi I DPR RI, Direktur Utama PT. Len Telekomunikasi Indonesia, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, serta bupati dan walikota di Sulawesi Utara.

Diketahui, sosialisasi Palapa Ring salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan bagi sistem telekomunikasi nasional, menghubungkan seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Khusus proyek palapa ring paket tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara (sampai dengan Kep Sangihe-Talaud dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

(srikandi/PS/Kominfo)

IKLAN
loading...