PANADA Kembali Cetak Prestasi, Lolos 10 Besar Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial

MANADO — Pemerintah Kota Manado lewat terobosan brilian, yang menciptakan Portal Analisis Berbasis Peta (PANADA) terus mendapat penghargaan baik dari Pemerintah Pusat lewat Kementerian, Lembaga non Pemerintah maupun Lembaga Negara. Baru-baru ini, Aplikasi PANADA masuk 10 besar Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Nasional 2019 bersama sembilan kota besar lainnya, dari Badan Informasi Geospacial (BIG) Indonesia.

Kaban Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong, mengatakan penghargaan tersebut merupakan pengakuan dari BIG Indonesia terhadap pemerintah daerah dalam membangun dan mengembangkan pemanfaatan informasi geospasial yang inovatif. “Kami memaparkan lagi inovasi PANADA dihadapan Badan Informasi Geospacial dan Tim Juri dalam bentuk Focussed Group Discussion (FGD),” ujar Kaban Bapelitbangda, Senin (19/08), bertempat di Hotel Amaroosa Royal-Bogor.

Lanjut dipaparkan, bahwa informasi geopasial (pemetaan) menjadi kebutuhan mendesak bagi pemerintah daerah mengingat perencanaan berbasis spasial (ruang dan tempat) akan menjadi lebih efektif dan efesien jika dilaksanakan dengan asas keterbukaan serta pemanfaatan.

“Dalam presentasi itu, inovasi yang dinilai berupa pengembangan dan penerapan oleh dinas atau badan di pemerintah daerah khususnya kabupaten/kota. Aplikasi yang dibangun diharapkan bermanfaat bagi peningkatan efesiensi, efektivitas dan produktifitas lembaga dalam melayani masyarakat,” tutur Liny. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020