Pandam XIII/Merdeka Terapkan Politik Negara Jajaran TNI Hadapi Pilkada Serentak 2018

Mayjen TNI Ganip Warsito

MANADO – Ada 171 daerah, Provinsi, Kotamadya dan Kabupaten se Indonesia akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018 ini. Tak terkecuali di wilayah timur Indonesia, khususnya Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo).

Jajaran TNI di bawah Kodam XIII/Merdeka diminta harus bersikap netral menghadapi Pilkada serentak tahun ini. Demikian dikatakan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito belum lama ini.

Untuk menjaga kenetralan itu, menurut Pangdam, pihak TNI secara nasional membentuk Tim Pengawas Netralitas TNI di wilayah masing-masing.

”Perintah komando pasti kami lakukan secara maksimal dan bertanggung jawab.” ujar Ganip.

Manurut Ganip, prinsipnya politik TNI adalah politik negara antara lain, bersikap dan bertindak netral setiap pesta demokrasi 5 tahunan termasuk tahun 2018 ini.

Khusus daerah Kodam XIII/Merdeka di tiga provinsi yakni Provinsi Sulut, Sulteng dan Gorontalo soal netralitas adalah sebuah harga diri dan harga mati untuk dipertahankan dan dilaksanakan tanpa ada alasan apapun.

”Soal netralitas TNI dalam pesta demokrasi adalah mutlak dilaksanakan dengan tanggung jawab penuh dan tidak dapat ditawar lagi.” tegas Ganip. ***

Penulis: antoreppy/BS

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020