Pansus DPRD Sulut Tuntas Bahas LKPJ OD-SK Tahun 2019

MANADO-Akhirnya Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai Rocky Wowor, Wakil Ketua Johny Panambunan, Sekretaris Netty A Pantow tuntas membahas LKPJ Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) Tahun 2019, meskipun diperhadapkan dengan Pandemi Covid-19.

Pansus saat rapat finalissasi.

Sebelum menuntaskan pembahasan, Jumat (8/5/2020) telah dilaksanakan rapat finalisasi oleh Pansus untuk rekomendasi yang akan disampaikan lewat Paripurna.

Dalam rapat finalisasi tersebut ada beberapa rekomendasi Pansus dari hasil pembahasan dengan SKPD serta peninjauan lapangan. Diantaranya dibidang Pendidikan Pansus rekomendasikan agar Dinas Pendidikan menyediakan fasilitas bagi SMA/SMK yang sudah dibangun disetiap kecamatan, seperti SMA N Kanonang.

Sedang untuk bidang Kesehatan, Pansus rekomendasikan agar Pemerintah provinsi Sulawesi Utara dapat menyediakan rumah singgah bagi pasien dengan gangguan jiwa setelah pasca perawatan.

Pemerintah Provinsi dapat mencermati/evaluasi terkait dengan pengadaan alat-alat kesehatan. Melakukan pemerataan penempatan tenaga kesehatan, dokter, perawat. Pemerintah Provinsi perlu mencermati dan mendorong penambahan PPK dalam rangka pengadaan alat-alat kesehatan dan pengunaan fisik.

Sedangkan bidang Prasarana Umum (PU), Pansus rekomendasikan
pembebasan lahan yang akan dibangun jalan By Pass menuju KEK Pariwisata di Likupang, Pemprov melalui dinas terkait untuk mengkaji kembali trase.

Pembangunan jembatan Tumumpa yang ada di jalan lingkar manado kiraya dapat direalisasikan guna mengurai kemacetan.

Ketua Pansus Rocky Wowor mengatakan, sebelum di Paripurnakan yang sesuai agenda dilaksanakan Senin (11/5/2020), anggota Pansus yang merupakan perwakilan dari setiap fraksi dapat menyampaikan rekomendasi Pansus.

“Jadi sebelum di Paripurnakan, hasil rekomendasi dapat disampaikan anggota Pansus ke setiap fraksi. Supaya ketika Paripurna tidak ada lagi anggota yang melakukan interupsi saat Paripurna berlangsung. Kalau ada usulan sampaikan dalam rapat internal,”tegas Wowor saat memimpin rapat. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020