Pansus Ranperda Pengelolaan Persampahan Tinjau TPA Sumompo

LIPUTAN KHUSUS

MANADO – Usai melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Sampah dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Panitia Khusus (Pansus) langsung turun lapangan (Turlap).

Dipimpin Mona Claudia Kloer, pimpinan bersama anggota pansus menyasar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo Kecamatan Tuminting didampingi Kadis DLH Sonny Rompas.

Ketua Pansus Pengelolaan Sampah, Mona Claudia Kloer mengatakan agenda turlap bertujuan melihat secara langsung kondisi TPA yang menjadi fokus pembahasan tentang Ranperda Pengelolaan sampah.

“Ada hal perlu kami pansus singkronkan dengan kondisi lapangan terutama masalah di TPA Sumompo dengan apa yang sedang kami bahas,” kata Mona kepada Manadoline.com, Rabu (8/5).

Menurutnya, kondisi TPA Sumompo menjadi fokus dalam pembahasan Ranperda karena menjadi tempat pembuangan akhir dari semua sampah yang ada di Kota Manado.

Daya tampung, kebutuhan fasilitas serta kondisi masyarakat sekitar masuk dalam agenda pembahasan pengelolaan sampah dengan pihak eksekutif.

“Ada beberapa hal yang didapat dari lapangan, seperti kebutuhan beberapa fasilitas seperti alat berat pengeruk sampah yang menurut DLH perlu ditambah,” ucapnya politisi Gerindra ini.

Pansus Ranperda Pengelolaan Sampah bertemu dan berbincang-bincang dengan sejumlah warga terkait kondisi tempat tinggal mereka yang berdekatan dengan TPA.

Selanjutnya, Pansus dan DLH meninjau proses pengolahan sampah yang berada di bank sampah Kelurahan Paniki Kecamatan Mapanget.

Rombongan pansus pimpinan Mona Claudia Kloer yang ikut dalam turlap diantaranya Vanda Pinontoan, Fanny Mantali, Ronny Makawata, Janen Lasung, Nurdin Paluga, Pinkan Nuah bagian humas serta staf sekretariat DPRD Manado. (14)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020