Pansus Ranperda Pengelolaan Sampah Gelar Pembahasan dengan Camat

MANADO – Panitia Khusus (Pansus) DPRD tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Persampahan menggelar pembahasan dengan pihak eksekutif Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Senin (6/5).

Dalam pembahasan tersebut, Ketua pansus Mona Claudia Kloer menyoroti soal penanganan sampah oleh pemerintah kecamatan dinilai tidak efektif.

“Kita perlu membahas cara kerja efektif dan baik dalam pengelolaan sampah,” ungkap Mona.

Menurut Mona, pansus akan mengkaji bersama dengan pihak eksekutif soal efektifitas pengelolaan sampah apakah masih bisa dikelola pihak pemerintah kecamatan atau kembali ke SKPD tertentu.

Pansus juga menyoroti masalah nilai tetribusi sampah yang terlalu besar dan membebani masyarakat. “Ini yang sering menjadi keluhan masyarakat, masalah retribusi sampah yang terlalu besar. Kita akan bahas dan carikan solusi bersama, termasuk keluhan sampah yang tidak diangkut beberapa hari oleh petugas kebersihan,” ucap Mona didampingi sekretaris Pansus Jonas Makawata.

Dalam pembahasan tersebut, sejumlah anggota Pansus yang hadir seperti Yanen Lasung, Michael Kalonio, Vanda Pinontoan, Camat Malalayang Deysie Kalalo dan Camat Tuminting Danny Kumajas. (14).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020