Pantau Ketersediaan Pangan di Pasar Towok, Gaghana : Jangan Panik, Stok Pangan Kita Aman

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat mengunjungi salah satu toko sembako di Pasar Towok.

Tahuna- Menjaga ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Sangihe saat situasi pandemi Virus Corona yang menghantui masyarakat, Bupati Jabes Ezar Gaghana di dampingi Kepala Dinas Perindag dan Kabag Ekonomi, memantau harga dan stok barang di Pasar Towok. 

Dalam kunjungannya itu, diketahui bahwa ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Sangihe masih aman, serta harga yang relatif stabil. Hanya harga gula yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Kepada media ini, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyampaikan, dirinya sengaja memantau langsung ketersediaan bahan pokok di pasar Towok, demi mengentahui keadaan sebenarnya di lapangan. 

“Hari ini kita melakukan survei pasar, memantau harga terkait isu Covid-19 ini. Dan saya bersyukur, bahwa para pedagang dan pengusaha yang ada, tidak menggunakan momentum ini untuk mencari keuntungan. Dari seluruh produk yang kita tanyakan, yang mengalami kenaikan signifikan itu hanya gula,” ucapnya. 

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

Lanjut dikatakannya, kenaikan harga gula, tidak hanya terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, tapi hampir diseluruh daerah yang ada di Indonesia. 

“Dan gula ini menjadi masalah nasional. Kita akan meminta Bulog dapat mempersiapkan gula ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” katanya. 

Disinggung apakah Pemkab Sangihe akan melakukan operasi pasar tekait naiknya harga gula ke para pedagang yang ada. Dirinya mengungkapkan bahwa memang stok gula yang tidak ada, menjadikan harga gula naik. 

“Masalahnya stoknya ga ada, kalau toh ada stoknya dipedagang kita akan lakukan operasi pasar. Kelihatannya memang suplay kurang permintaan banyak. Jadi memang sudah jadi hukum pasar. Malah yang lainnya ada penurunan harga selain gula,” pungkasnya

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020