Pantau Puskesmas dan Serahkan APD, Bupati Pastikan Sangihe Siap Tangani Pandemi Covid-19

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat penyerahan APD ke Puskesmas.

Tahuna- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat serius dalam menyikapi Pandemi Covid-19. Ini dibuktikan dengan menggeser anggaran dana pemerintahan untuk disiapkan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. 

Tidak hanya dana yang telah disiapkan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sangihe juga mengambil langkah-langkah stategis, baik dalam hal pencegahan juga efek yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19. 

Terbaru Bupati sekaligus merangkap Ketua Gugus Tugas Sangihe Jabes Ezar Gaghana Sabtu (18/4) kemarin, meninjau puskesmas-puskemas yang ada, seperti di Kecamatan Manganitu, Manganitu Selatan dan Tamako. Juga menyerahkan peralatan Alat Pelindung Diri (APD). 

Kepada media ini Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyatakan paket APD tersebut, merupakan jawaban dari pemerintah daerah terkait kebutuhan Puskesmas dalam menghadapi Pandemi Covid-19. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat memantau Puskesmas di Kecamatan Manganitu, Manganitu Selatan dan Tamako.

“Paket APD ini untuk kebutuhan tenaga medis dalam menyikapi percepatan penanganan Covid 19. Dan tentunya menjawab kebutuhan tenaga medis yang saat ini masih kekurangan APD,” ujar Gaghana.

Gaghana menuturkan, monitoring melalui pemerintah Kecamatan, pemerintah kampung terkait upaya penanganan Isolasi mandiri dan kesiapan rumah singgah di setiap kampung, harus perlu dilakukan guna memaksimalkan pencegahan covid-19.

“Kami juga meminta tenaga medis untuk menyiapkan lokasi khusus bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih banyak pulang kampung dari Manado dan wilayah lainnya, serta peran camat dan kapitalaung, benar-benar dijalankan untuk mengsosialisakan pencegahan covid-19,”ungkap Gaghana.

Sementara itu, Juru Bicara percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Sangihe Jopy Thungari yang turut serta bersama Bupati menyatakan semua Puskesmas akan mendapatkan APD.

APD yang disalurkan ini diperuntukan bagi tenaga medis. Dan jumlahnya setiap Puskesmas disesuaikan dengan jumlah tenaga medis yang ada. Puskesmas lainnya akan segera disalurkan,” pungkasnya. (Zul)

APD yang disalurkan ini diperuntukan bagi tenaga medis. Dan jumlahnya setiap Puskesmas disesuaikan dengan jumlah tenaga medis yang ada,” ungkap Thungari sambil menyatakan bahwa untuk Puskesmas lainnya akan segera disalurkan,” pungkasnya (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020