Pariwisata Hingga Fungsi Kontrol, Kandouw: Skill SDM Harus

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat Ibadah Pengucapan Syukur di GMIM Bukit Moria Rike Manado, Minggu (10/9/2017) (foto:Ist)

MANADO– Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan peningkatan partisipasi masyarakat, tak henti-hentinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengupayakan geliat pembangunan dan peningkatan fungsi kontrol.

Salah satunya sektor pariwisata daerah. Menurut Kandouw sektor tersebut menuntut kesanggupan dan kesiapan masyarakat dalam memanfaatkan semua peluang yang ada.

“Saya berharap ada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang handal, full skill menjadi keharusan dalam menjawab peluang ini ditengah sengitnya persaingan regional dan global,”terang kandouw saat beribadah Pengucapan Syukur di GMIM Bukit Moria Rike Manado, Minggu (10/9/2017).

Bukan hanya itu, kesanggupan tingkatkan sektor pariwisata harus diimbangi dengan fungsi kontrol terkait perilaku masyarakat.

Ia menambahkan dengan melihat berbagai isu berkembang saat ini, diantaranya terkait penyalahgunaan narkotika, miras pergaulan bebas, kriminalitas, seks bebas pelecehan seksual, isu sara, radikalisme dan terorisme. Maka harus tingkatkan fungsi kontrol.

Masyarakat harus dapat melakukan tindakan-tindakan antisipasi seperti peningkatan fungsi kontrol dalam kehidupan bermasyarakat, tidak apatis terhadap lingkungan sekitar, cerdas dan bijak dalam menyikapi berbagai hal yang dapat memecah kesatuan dan persatuan bangsa, serta membudayakan dan mengamalkan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam setiap lini kehidupan sosial kemasyarakat,”kunci Kandouw.

(srikandi)

 

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020