Pasar Tuminting akan direlokasi, konsepnya sama dengan Pasar Kayu Bulan

PD PasarMANADO – Pasar Bahu di Kecamatan Malalayang segera direlokasi ke Pasar Kayu Bulan di Kelurahan Malalayang 1 Kecamatan Malalayang. Fasilitasnya sudah tersedia, tinggal menunggu peresmian dan pengoperasian. Pasar tersebut diproyeksikan menjadi pasar induk dan percontohan di Kota Manado karena akan dilengkapi dengan sarana penunjang guna pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, relokasi juga akan terjadi di pasar Tuminting. Pasar itu akan dipindahkan di lokasi yang berada tak jauh dari TPA Sumompo yakni di Kelurahan Buha yang juga sekonsep dengan pasar Kayu Bulan.

Sama konsep dengan Pasar Kayu Bulan, pasar Sumompo nantinya juga akan dilengkapi fasilitas pendukung dalam memberikan pelayanan kepada pedagang dan pembeli, seperti poliklinik kesehatan, tempat ibadah, juga disiapkan ruang untuk pendidikan bagi anak-anak yang kedua orangtuanya sebagai pedagang pasar.

“Di pasar Tuminting makin padat lalu lintasnya, kita akan urai. Karenanya, tujuan dari pasar baru ini nantinya adalah agar penjual lebih nyaman dan pembelinya juga senang, dan jualannya lebih baik dari pasar sebelumnya,” ujar Walikota Manado, DR GS Vicky Lumentut (GSVL).

Pola pengelolaan yang demikian efektif, lanjutnya, selain itu membuat pengelolaan sampah menjadi lebih baik karena semua sampah langsung diselesaikan di pasar tersebut lewat proses pembakaran sampah melalui alat Incinerator yang ada di lokasi pasar.(*/redaksi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020