Paskah Kota Bitung Berlangsung Sukses

(Paskah Kota Bitung dihadiri oleh Wali Kota Max J Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri)
(Paskah Kota Bitung dihadiri oleh Wali Kota Max J Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri)

BITUNG – Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban bersama Wakil Wali Kota Maurits Mantiri masing-masing bersama ibu menghadiri Perayaan Paskah Kota Bitung dirangkaikan dengan Pawai Kendaraan Hias.

Kegiatan diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Pdt. Frangky Kalalo, STh, M. Th yang dalam khotbahnya mengajak jemaat untuk memaknai Paskah sebagai bagian wujud Kasih Allah kepada umatnya yang harus diteladani antar sesama manusia.

Dalam sambutannya, Lomban mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan momen yang tepat bagi semua umat nasrani khususnya yang ada di Kota Bitung untuk mewujudkan arti penting dari kasih, bukan hanya kepada sesama kita orang kristen tapi juga kepada semua orang yang berbeda kepercayaan. “Karena melakukan dan mengimplikasikan arti kasih lewat perbuatan nyata kepada sesama tanpa memandang suku, agama dan ras adalah esensi dari Kasih itu sendiri,” kata Lomban.

Lomban juga mengingatkan tentang pentingya memelihara persatuan dan kesatuan yang selama ini tercipta dan terus dijaga di kota Bitung. “Jika ada orang atau oknum tertentu yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan yang ada, harus segera diantisipasi dengan sesegera mungkin memberikan informasi kepada aparat yang berwenang untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, memaknai peringatan Paskah lewat kegiatan ini, sangat penting untuk tidak mengkonsumsi minuman keras (miras), jika didapati ada yang melakukan hal tersebut, maka kita harus jadi pelopor untuk menasehati dan mengingatkan pengaruh negatif yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi miras. “Ingat kita jadi pelopor bukan pelaku,” pungkasnya sembari berharap pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan baik, aman dan tertib sesuai dengan yang telah direncanakan.

Senada dengan Lomban, Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengatakan memaknai Paskah lewat tindakan nyata salah satunya adalah tidak mengkonsumsi miras pada pelaksanaan kegiatan ini, karena salah satu pemicu meningkatnya kriminalitas adalah Miras. “Perayaan Paskah bukanlah suatu kegiatan seremonial, dalam memaknainya harus ada tindakan nyata lewat perubahan prilaku kearah yang lebih baik,” ujar Mantiri.

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam pawai kendaraan hias Paskah se Kota Bitung berjumlah 136 peserta dimana pelepasan peserta pawai di lapangan Stadion Duasudara oleh Wali Kota Bitung dan finis di kantor walikota dan diterima Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri.

Turut hadir Sekertaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung, Forkopimda Kota Bitung, para pejabat lingkup pemkot Bitung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta instansi terkait lainnya.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020