Pawai Takbir Laut Warga Tidore

Manadoline.com, Tahuna- Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 75, masyarakat Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur Kabupaten Kepulauan Sangihe, mengadakan Pawai Takbir Laut di Jalan Boulevard Tidore Minggu (2/8/2020). 

Pawai Takbir Laut ini diikuti umat muslim yang ada di Kota Tahuna khususnya warga Kelurahan Tidore. Dengan membawa gendang, rebana, umbul-umbul warga menaiki kapal pajeko, pakura dan perahu, mengumandangkan takbir mengelilingi Teluk Tahuna dan sekitarnya, dengan pengawalan dari pihak KKP, Lanal Tahuna, dan Polairud Polres Sangihe. 

Ketua Panitia Pawai Takbir Laut Naser Pandawa mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan setelah hampir 15 tahun lamanya tidak di laksanakan. 

“Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dan Gebyar Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun, warga muslim Kota Tahuna, serta jamaah Masjid Agung Sangihe, setelah 15 Tahun lamanya kegiatan ini vakum, maka di hari ini kami menyelenggarakan Pawai Takbir Laut,” katanya. 

Pawai ini direncanakan strat dari Jalan Boulevard Tidore hingga ke Lanal Tahuna, selanjutnya balik lagi ke Teluk Tahuna. 

“Jadi nanti kita dikawal dari pihak KKP, Lanal Tahuna dan Polairud Polres Sangihe, start dari Jalan pantai Boulevard Tidore, menuju Lanal Tahuna, selanjutnya balik lagi mengelilingi Teluk Tahuna,” tambahnya. 

Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum tahunan dan para generasi dapat meneruskan giat ini kedepannya. 

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap kiranya momentum Pawai Takbir Laut ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Dan juga para generasi muda selanjutnya bisa meneruskan kegiatan ini kedepannya,” pungkasnya. (Zul).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020