IKLAN

Pedagang Mengeluh, DPRD Soroti Dirut PD Pasar


Komisi B DPRD Kota Manado, saat mendengar keluhan para pedagang pasar Bersehati.(1st)

Komisi B DPRD Kota Manado, saat mendengar keluhan para pedagang pasar Bersehati.(1st)

Manado – Keluhan yang dilayangkan 47 pedagang di pasar Bersehati kepada anggota DPRD Kota Manado baru-baru ini berbuntut panjang. Pasalnya, Komisi B yang kala itu menerima aspirasi dari para pedagang, memberikan kritikan pedas terkait sikap Dirut PD Pasar Jerry Keintjem.

Bahkan sorotan yang dilayangkan Komisi B melalui Benny Parasan cukup beralasan karena, rencana hearing Selasa (09/08) lalu dengan mengundang PD Pasar tidak digubris.

“Kami menyurat secara resmi kepada PD Pasar dan mengundang pihak PD Pasar, termasuk Dirut PD Pasar untuk hadir, agar ada keputusan yang dapat diambil bagi para pedagang. Tetapi tidak digubris,” kata Benny yang diaminkan Nur Rasyid, Lina Pusung dan Revani Parasan.

Lanjut Benny, ketidakhadiran dari PD Pasar terutama Dirut PD Pasar berujung pada ketidakpuasan para pedagang yang seharusnya mendapatkan solusi atas persoalan yang mereka alami. “Kami tidak bisa memberikan keputusan apa-apa sebab pihak PD Pasar tidak hadir,” kata Parasan.

Terkait hal ini, Parasan meminta Walikota dan Wakil Walikota Manado, selaku Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Manado, tidak menutup mata dan segera mengambil keputusan. Bahkan Benny menyinggung, pihak legislatif sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014, tentang penyelenggaraan pemerintahan daerah, termasuk didalamnya sebagai pemerintah daerah.

“Sesuai undang-undang pemerintah daerah itu tidak hanya eksekutif, tapi juga legislatif. Jadi, saya meminta Walikota dan Wakil Walikota Manado mempertimbangkan untuk mengembalikan PD Pasar menjadi Dinas Pasar. Sebab selama ini PD Pasar tidak memberikan kontribusi PAD bagi daerah,” pungkas anggota DPRD dua periode itu.

Dilain pihak, perwakilan dari para pedagang Noho Poio selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Pedagang Mandiri (LP2M), menyesalkan sikap Dirut PD Pasar yang terkesan tidak peduli dengan keberadaan para pedagang.

Bahkan dirinya beranggapan sikap kurang bersahabat yang dipertontonkan Dirut PD Pasar saat berhadapan dengan para pedagang di pasar bersehati, bisa berdampak pada citra Walikota dan Wakil Walikota Manado, yang berupaya untuk melayani masyarakat, termasuk pedagang kecil yang berdagang di Kota Manado.

“Harusnya beliau (Dirut-red) bisa lebih cerdas dalam bersikap dan berargumen. Apalagi saat berhadapan dengan para pedagang kecil,” imbuhnya.

Sayangnya, hingga berita ini ditulis, Dirut PD Pasar Manado belum berhasil dimintai tanggapan. Dari informasi yang diterima ManadoLine yang bersangkutan sedang di luar daerah.(michaelcilo)

IKLAN
loading...