Peduli Sesama, Lima Komunitas Motor di Kotamobagu Gelar Aksi Donor Darah

Komunitas Motor Kotamobagu mengikuti aksi donor darah sebelum menggelar rolling city. (Foto:istimewa)

Manadoline, Kotamobagu — Lima komunitas motor di Kotamobagu yaitu Genetik, YNCI, CKC, GCI, dan HSG mengikuti kegiatan aksi donor darah sebelum melakukan rolling city pada Sabtu (24/10/2020). Rolling city yang digelar kolaborasi komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Kotamobagu mengambil start di jalan Sutoyo menuju Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Bolaang Mongondow di jalan AKD yang berjarak sekitar 10 kilometer.

Koordinator Bold Riders Kotamobagu, Beatri Hiprakurniwan mengatakan kegiatan donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini diikuti 55 peserta. Dari jumlah tersebut, PMI berhasil mendapatkan 37 kantong darah.

“Teman-teman sangat berhasrat untuk bisa ikut dalam kegiatan donor darah ini. Mereka sangat antusias. Bahkan mereka yang gagal mendonorkan darah karena tidak lolos screening mengaku sangat kecewa,” ucap pria yang akrab disapa Iwan ini.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan sosial ini, PMI Kotamobagu juga mendatangkan seorang pendonor yang sudah 103 kali mendonorkan darahnya. Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada para peserta mengenai pentingnya donor darah.

“Orang tersebut tidak hanya memotivasi para peserta donor darah. Tetapi juga sharing pengalaman selama puluhan tahun dirinya menjadi pendonor serta memberikan edukasi berbagai manfaat donor darah bagi orang lain maupun bagi diri sendiri,” tutup Iwan. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020