IKLAN

Pekan Depan, 80 Pejabat Hasil Roling Super Semar Produk ROR Dikembalikan


Inilah 80 pejabat Eselon III dan IV korban roling Super Semar Penjabat Wali Kota Royke Roring saat dilantik Asisten III, Henny Giroth, Maret 2016 lalu

Inilah 80 pejabat Eselon III dan IV korban roling Super Semar Penjabat Wali Kota Royke Roring saat dilantik Asisten III, Henny Giroth, Maret 2016 lalu

MANADO – Jika tak ada aral melintang, pecan  depan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) segera melaksanakan perintah hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terhadap gugatan atas mutasi jabatan yang dilakukan mantan penjabat Wali Kota, Royke O. Roring (ROR) Maret 2016 lalu.

Sekadar diketahui, belum lama ini majelis hakim PTUN diketuai Dra. Labobar Alentji, SH. MH mengabulkan gugatan Royke Mamahit melalui kuasa hukumnya, Max Bawotong, SH.

Mamahit menggugat ROR sebagai penjabat Wali Kota Manado ketika itu karena merasa dirugikan dengan kebijakan ROR serta pihak tergugat lainnya yang dikuasakan kepada Plt BKD Kota Manado, Hans Tinangon.

Mutasi jabatan yang dikenal dengan Super Semar (Surat Perintah Sebelas Maret) tertanggal 11 Maret 2016 saat itu dengan SK kolektif Walikota Manado bernomor : 821.3/BKD/SK/01/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural Eselon III dan SK bernomor: 821.4/BKD/SK/02/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota Manado tanggal 8 Maret 2016 dinilai tak sesuai prosedur dan bertentangan dengan aturan.

Sebanyak 80 pejabat antara lain 28 pejabat eselon III dan 52 Eselon IV masing-masing dengan SK kolektif ditandatangani ROR yang kena roling Super Semar saat itu.

Hakim Ketua dalam sidang menegaskan, tergugat (ROR) wajib mencabut SK Nomor 821.3/BKD/SK/01/2016/tanggal 8 maret 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural eselon III di lingkungan Pemkot Manado atas nama Royke Frits mamahit MT.

“Mewajibkan kepada tergugat untuk merehabilitasi kedudukan penggugat pada jabatan semula sebagai sekertaris Dinas PU Kota Manado.” Kata majelis hakim.

Putusan itu juga menghukum ROR untuk membayar biaya perkara sejumlah dua ratus tujuh puluh empat ribu rupiah. Apabila tergugat tidak puas dengan putusan tersebut, ada upaya hukum banding sesuai dengan pasal 123 uu no 5 tahun 1986, terhitung 14 hari dibacakan atau diputuskan,” jelas majelis hakim.

Informasi akan dikembalikannya 80 pejabat ke jabatan semula pasca putusan gugatan di PTUN telah bergelinding di seantero Pemkot Manado. Bahkan ada yang mengaku mendengar sudah ada surat dikeluarkan Wali Kota GSVL. “Pokoknya begitu. Kalau bukan Selasa, Rabu minggu depan torang so kembali ke jabatan dulu,” ujar salah satu pegawai perempuan eselon IV kepada Manado Line. (antoreppy)

IKLAN
loading...