Peletakan Batu Pertama Program BSPS di Kecamatan Girian

BITUNG – Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) secara resmi menyerahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sekaligus peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya program pemerintah di Kecamatan Girian, Kota Bitung, Selasa (23/06/2020).

Kegiatan yang berlangsung di dua kelurahan, Kecamatan Girian yakni Kelurahan Girian Bawah, Kelurahan Girian Indah dan Kelurahan Girian Permai. Menurut Kepala Dinas PERKIM Pemkot Bitung Henry Sakul dalam laporannya, bahwa Pemkot Bitung mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020 dengan jumlah total 300 unit, dan saat ini untuk Kelurahan Girian Bawah sebanyak 20 unit, Kelurahan Girian Indah 25 unit, dan Kelurahan Girian Permai 20 unit. “BSPS adalah bantuan pemerintah pusat bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam meningkatkan kualitas dan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) untuk menjadi layak huni, meliputi pemenuhan standar keadaan komponen struktur bangunan serta peningkatan kualitas bahan penutup atap, penutup lantai dan dinding bangunan,” jelas Sakul.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dalam sambutannya menyampaikan untuk mendatangkan program yang diberikan Menteri PU, Dirjen Cipta Karya serta Direktur Perumahan Rakyat ini tidaklah gampang, karena itu patut disyukuri Bitung mendapatkan BSPS yang bisa dibagikan ke 13 kelurahan yang ada di Kota Bitung dengan jumlah 300 unit. “Program BSPS ini atas kerjasama Pemkot Bitung dan Kementrian PUPR di bidang air bersih, untuk itu saya berharap dengan adanya program ini bisa tercipta rumah layak huni di Kota Bitung khususnya warga Kelurahan Girian Bawah, Kelurahan Girian Indah dan Girian Permai,” ujar Lomban.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini senilai Rp17,5 Juta per kepala keluarga, dan dana tersebut tidak diterima secara utuh. Melainkan Rp15 Juta dalam bentuk barang dan Rp2,5 Juta bantuan untuk upah kerja yang ditransfer di rekening bank milik penerima.

Turut hadir Asisten Pemkot Bitung, Franky Ladi, Jeffry Wowiling, Yoke FX Senduk, Kepala DLH Pemkot Bitung Sadat Minabari, Camat Girian Muslih Antameng, para lurah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama Jami Annur, serta Sekretaris FKUB Ustad Latif Tahir.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020