Pembangunan RSUD Manado Telan Anggaran Rp 120 Miliar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen. (foto:hcl)

MANADO – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen mengatakan, Februari 2021 fisik pembangunan rumah sakit daerah (RSUD) daerah ini akan selesai.

“Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit umum daerah, direncanakan sesuai dengan petunjuk pak Walikota akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 14 Februari,” kata dr Ivan, Rabu (12/02/2020).

Sesuai dengan desain, RSUD Manado yang memiliki tujuh lantai dan dilengkapi dengan fasilitas mall publik, dibangun di kawasan ringroad Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea.

Fisik bangunan RSUD tersebut diharapkan selesai dalam jangka waktu 12 bulan, sesuai batas waktu dan kontrak dengan pihak PT SMI pemberi pinjaman dana.

“Kalau kita hitung-hitung 12 bulan, kemungkinan kita akan mendapatkan rumah sakit yang baru itu bulan Januari akan grand opening,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, anggaran pembangunan RSUD Manado sebesar Rp 90 miliar dan Rp 30 miliar untuk pengadaan alat kesehatan, bersumber dari dana pinjaman dari PT SMI dengan total Rp 120 miliar.

Meski demikian, anggaran tersebut disebutnya belum cukup karena masih ada anggaran yang harus diperjuangkan untuk memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana rumah sakit itu.

Pelaksana pembangunan fisik RSUD Manado, dilaksanakan oleh pihak ketiga dari Jakarta yang merupakan perusahan yang bonafid milik BUMN. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020