Pemerintah Diminta Lebih Kreatif Memajukan UMKM di Sulut

MANADO-Ketua Fraksi PDIP Teddy Kumaat memberikan apresiasi kepada pemerintah, karena dinilai serius mendukung dan memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Teddy Kumaat

Tapi Kumaat mengingatkan, hal yang paling mendasar tentang UMKM adalah mencari solusi mengatasi stagnantnya pelaku UMKM itu sendiri.

“ Sampai saat ini belum ada efektifitas dalam UMKM di Sulut. Sebab sistemnya harus ditata ulang. Misalnya, untuk memberikan bantuan katinting bagi nelayan. Tetapi 10 tahun kemudian nelayan masih menerima bantuan yang sama, berarti tidak ada peningkatan. Bantuan banyak diberikan tapi tidak ada perkembangan apa-apa dari penerima bantuan tersebut,”ungkap personil Komisi II bidang Perekonomian dan Keuangan ini.

Kumaat pun berharap ada kreatifitas lebih dari eksekutif untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM agar lebih baik lagi atau meningkat.

“Untuk meningkatkan UMKM di Sulut Pemerintah harus kreatif dalam tujuan memberikan bantuan agar berkembang. Membantu bukan sekedar membantu tetapi harus ada prospek. Supaya pelaku UMKM yang tahun ini menerima bantuan di bisa menjadi pengusaha mandiri hingga sukses,” kata mantan Wakil Walikota Manado. Sambil meminta agar pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melakukan inovasi produk melalui pemanfaatan teknologi tepat guna. (mom)