IKLAN

Pemimpin Daerah Harus Cerdas Emosi, Sosial dan Intelektual


Lukman Lamato

Lukman Lamato

BITUNG-Pemimpin ideal bagi Kota Bitung kedepan, harus memiliki kecerdasan Emosi dan Sosial bukan hanya kecerdasan Intelektual. Hal ini ditegaskan oleh Lukman Lamato, tokoh masyarakat Kota Bitung kepada manadoline.com, Minggu (31/5).

 

“Kecerdasan emosi dan sosial merupakan kunci sukses bagi seorang pemimpin daerah dalam mengelola segenap potensi sumber daya yang ada diwilayahnya,  baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Kecerdasan intelektual penting bagi seorang pemimpin, tetapi harus dibarengi dengan cerdas emosi dan sosial, sehingga kebijakan strategis yang akan diambil tidak akan mengesampingkan masyarakat,” ungkap Lamato.

 

Ia menjelaskan, kecerdasan intelektual tak berguna apabila seorang pemimpin daerah tidak peka terhadap gejala sosial dimasyarakat, dan lebih para lagi jika pemimpin tersebut tidak mampu menguasai emosinya, ini merupakan kegagalan bagi sang pemimpin. Mengoptimalkan segenap potensi SDA dan SDM di suatu daerah, tidak cukup hanya dengan mengandalkan konsep intelektual, tetapi harus ada pertimbangan sosial yang matang sehingga laju pembangunan akan berjalan bersama, Kota maju rakyat sejahtera, bukan kota maju pemimpin sejahtera rakyat tergilas oleh roda pembangunan.

 

Lamato juga menmbahkan, banyak potensi yang belum tersentuh oleh tangan pemimpin Kota Bitung, contoh kongkrit pusaran air di selat pulau Lembeh belum diberdayakan menjadi sumber tenaga.

“Jika kita berdiri di pelabuhan, satu jam pertama kapal yang berlabuh di Pulau Lembeh menghadap ke Utara, memasuki satu jam kedua kapal tersebut telah menghadap ke selatan. Artinya ada kekuatan besar menggerakan kapal tersebut sehingga bisa berputar 180 derajad hanya dalam jangka waktu dua jam. Kenapa ini tidak diberdayakan ? Kekuatan pusaran air tersebut kan bisa diberdayakan untuk kebutuhan listrik masyarakat Lembeh, ini bentuk kemajuan yang dinikmati oleh rakyat,” pungkasnya. (jones)

IKLAN
loading...