Pemimpin yang Melayani Masyarakat Sulut di Tengah Pandemi Covid-19

SEJAK MEWABAHNYA PANDEMI COVID-19 seluruh dunia bahkan berdampak hingga Indonesia sampai di Sulawesi Utara (Sulut), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui pemimpin tak kenal lelah Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw terus melayani kebutuhan seluruh masyarakat yang terdampak.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang juga Ketua Gugus Tugas saat memberikan arahan kepada Bupati dan Walikota melalui video teleconference

Dalam situasi Pandemi Covid-19, Gubernur Olly fokus dalam artian sibuk dalam pemerintahan dengan segala kebijakannya, antara lain Gubernur Olly bergerak cepat menindaklanjuti Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemda.

Gubernur Olly juga sebagai Ketua Gugus Tugas memberikan arahan kepada Bupati dan Walikota yang juga untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat bahkan para tim medis. Adapun bantuan tersebut dapat bersumber dari refocusing kegiatan, realokasi anggaran sebagaimana amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang penanganan covid-19.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memimpin rapat via online secara virtual dengan Sekretaris Provinsi dan seluruh Bupati dan Walikota se-Indonesia. Rapat virtual ini juga diikuti Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen dari Kantor Gubernur, Selasa (7/4/2020). Rapat virtual terkait stabilitas ekonomi termasuk ketahanan pangan daerah dalam menghadapi pandemi corona atau covid-19

Selain itu, peran serta TNI dan Polri sangat diperlukan untuk mempercepat penanganan penyebaran covid-19 di Sulut. Karenanya, keterlibatan aparat TNI dan Polri diatur juga dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Sulut Nomor 8 Tahun 2020 tentang Optimalisasi Pencegahan Penyebaran (OPP) Covid-19 yang mulai berlaku hari ini, Selasa 14 April 2020.

Begitu pula dengan kebijakannya menyediakan Rumah Singgah. Faktanya, Ia pun meninjau kesiapan Rumah Singgah di Kantor Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan di Jalan Teterusan Mapanget, Minahasa Utara, Senin (13/4/2020). “Tempat ini siap dipakai, tetapi tidak benar-benar ‘digunakan’ sebagai tempat isolasi alternatif bagi masyarakat yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP),”ungkap Olly.

Gubernur Olly saat meninjau kesiapan Rumah Singgah di Kantor Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan di Jalan Teterusan Mapanget, Minut

Tak hanya itu, Gubernur Olly didampingi perwakilan Forkopimda dan beberapa pejabat Pemprov Sulut meninjau langsung Villa Dahlia di Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Kalasey, Minahasa sebagai tempat istirahat tenaga medis yang menangani pasien covid-19 di ruang isolasi RSUP Kandou Manado.

Upayan Gubernur Olly tak hanya sampai disitu, Ia melakukan video teleconference dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dari Manado, dengan memaparkan upaya pihaknya untuk menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien covid-19 untuk mencegah terulangnya kembali insiden penolakan jenazah seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Itu pun sangat diapresiasi Doni Monardo.

Gubernur Olly didampingi perwakilan Forkopimda dan meninjau l Villa Dahlia di Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Kalasey, Minahasa sebagai tempat istirahat tenaga medis yang menangani pasien covid-19 di ruang isolasi RSUP Kandou Manado

Bukan hanya memikirkan kebijakan, Gubernur Olly memikirkan kebutuhan masyarakat pula dengan tim media. Diantaranya, Pemprov secara terintegrasi berusaha menangani penyebaran Covid 19 dengan segala daya yang ada. Salah satunya adalah dengan menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test ke seluruh Rumah Sakit Rujukan dan RS Penunjang Rujukan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kota.

Juga dengan Gubernur Olly, Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama jajaran Forkopimda melakukan kegiatan bakti sosial pembagian sembako untuk masyarakat pesisir yang terdampak Covid-19 pada Senin, 20 April 2020.

Saat berpapasan dengan nelayan di tengah laut, dengan sigap Olly langsung membagikan paket sembako

Gubernur Olly bersama rombongan berangkat menumpang kapal dan speed boat dari Kesatriaan Satrol Samuel Languyu Bitung menuju tiga lokasi yaitu Dermaga Belang Kabupaten Minahasa Tenggara, Dermaga Jiko Port Bolaang Mongondow Timur dan Pantai Sondana Bolaang Mongondow Selatan.

Menariknya, ketika berpapasan dengan nelayan di tengah laut, dengan sigap Olly langsung membagikan paket sembako diantaranya berupa beras, mie instant, ikan kaleng dan juga masker yang disambut gembira oleh nelayan. Selain nelayan yang tengah melaut, masyarakat pesisir lainnya yang terdampak corona juga mendapatkan sembako.

Sementara, Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Forkopimda menyisir warga pesisir pantai Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan usai menyerahkan bantuan bahan natura bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (20/4/2020).

Wakil Gubernur Steven Kandouw sata memberikan bantuan untuk warga pesisir pantai Boltim dan Bolsel

Agar penyaluran kebutuhan tepat sasaran, Gubernur Olly pun terus menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 dengan menggandeng lembaga agama agar proses penyalurannya efektif.

Rabu (22/4/2020), dimana Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Kadis Sosial Rinny Tamuntuan membagikan 359 paket sembako di Gereja Katolik Paroki Ratu Rosari Suci dan 515 paket di Masjid Al Ikhwan Tuminting diterima langsung perwakilan rumah ibadah sebelum didistribusikan langsung ke warga penerima bantuan.

Adapun paket tersebut berupa 10 bungkus mie instant, beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker. Bantuan ini diapresiasi masyarakat karena dapat meringankan beban pemenuhan kebutuhan pokok di tengah pandemi covid-19.

Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Edwin Silangen saat membagikan paket sembako di perwakilan rumah iabdah salah satunya di Masjid Al Ikhwan Tuminting

Penanganan bagi yang terdampak, Gubernur Olly pun memikirkan dengan segala jaminannya agar benar-benar masyarakat merasakan bahwa mereka tidak sendiri, ada pemerintah selalu bersama rakyat.

Diantaranya, Pemprov dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk membuat masker kain melalui pendampingan dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Sulut.

Memberikan motivasi pula bagi para tenaga medis yang bertugas menangani pasien covid-19 di Ruangan Isolasi di Irina F RSUP Kandou Manado, Senin (20/4/2020). Dukungan moril ini disampaikan Gubernur Olly kepada para dokter lewat video teleconference dari kediamannya di Desa Kolongan, Minut.

Gubernur Olly saat video teleconference motivasi bagi para tenaga medis yang bertugas menangani pasien covid-19 di Ruangan Isolasi di Irina F RSUP Kandou Manado

“Segala sesuatu pemerintah bisa penuhi apa yang diinginkan oleh para dokter karena tentunya kita sangat berterimakasih kepada para dokter dan tenaga medis lainnya yang dengan serius mau bekerja dalam rangka melayani para pasien covid-19 yang tentunya ini juga bisa beresiko tetapi dalam rangka pelayanan bagi masyarakat bapak dan ibu berani meninggalkan keluarga dan tentunya juga mengambil banyak resiko dalam rangka pelayanan,” sambungnya.

Ini merupakan bukti yang telah dilakukan Pemprov, dalam kesibukan Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen dan jajarannya yang tak pernah mengenal lelah, benar-benar hadir bukan hanya mendengar keluhan dan kegetiran hati rakyatnya yang terdampak, tapi mampu membalut kesusahan, lewat kehadiran gubernur dalam menyapa langsung warga, di lintasan Kab/Kota.

Wakil Gubernur Steven Kandouw yang juga Ketua PMI Sulut melakukan donor darah dalam rangka HUT TNI AU ke-74 di Markas Lanud Sam Ratulangi Manado, Kamis (23/4/2020). Selain untuk kemanusiaan, menurut Kandouw, donor darah akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan juga, darah tersebut juga akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah Pandemi Covid 19

Jaminan Pemprov Sulut memenuhi kebutuhan yang terkena dan terdampak terealisasi, dan terus bergerak memberi bantuan sosial, dengan beberapa kloter dan secara bertahap. Pembagiannya langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw serta instansi terkait lainnya.

“Jaga jarak, jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun, pakai masker ketika keluar rumah” Stay At Home.

(srikandi/Adve)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020