IKLAN

Pemkab Bolmong ‘pressure’ PT J-RBM Soal Tenaga Kerja Pascatambang


 

PT J-Resources Bolaang Mongondow (J-RBM) Blok Bakan. (f-yoan/manadoline)

PT J-Resources Bolaang Mongondow (J-RBM) Blok Bakan. (f-yoan/manadoline)

BOLMONG – Memasuki pascatambang PT J-Resources Bolaang Mongondow (J-RBM) Blok Lanut, pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menginstruksikan segera melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan membicarakan nasib pekerja asal Bolmong.

“Ini langkah antisipatif. Karena J-RBM yang menggarap Blok Bakan di wilayah kita masa kontraknya masih panjang. Sehingga, diharapkan pihak perusahaan mempertimbangkan tenaga kerja asal Bolmong untuk tetap dipertahankan di perusahaan yang beroperasi di wilayah Bolmong itu,” tegas Bupati Salihi B. Mokodongan, Kamis (5/11).

Masih menurut Bupati Bolmong, pihak pemkab sangat tidak mengharapkan ada pemutusan hubungan kerja (PHK). “Jika mereka (pekerja) masih dianggap produktif maka dipertahankan. Apa terlebih banyak dari mereka berdomisili di lingkar tambang Blok Bakan,” tambah bupati kemarin.

Kepala Disnakertrans Derek Panambunan berjanji akan menindaklanjuti instruksi bupati. “Setahu kami (disnakertrans) PHK yang dilakukan J-RBM memang ada, namun hal itu terkait dengan kedisiplinan pekerja yang bersangkutan,” jelas Panambunan. (yoan)

IKLAN
loading...